Presiden: Wujudkan Indonesia Unggul, Pendidikan Berkualitas Harus Diprioritaskan

Presiden Jokowi saat Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-77 RI, di di Gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022). (Foto: Agus Suparto)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyatakan akses dunia pendidikan harus diprioritaskan untuk mewujudkan Indonesia unggul. Utamanya akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas.

“Ini harus terus diprioritaskan," kata Presiden di Ruang Nusantara Gedung DPR RI, Selasa (16/8/2022). Kepala Negara menyampaikan hal tersebut saat Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-77 RI.

Kepala Negara juga mengatakan para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini. Sehingga, berbagai bidang ilmu diharapkan mampu lebih mendekatkan dengan para pelajar tersebut.

"Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi," ujar Presiden. Namun, Jokowi mengingatkan bahwa itu saja tidak cukup.

Menurut dia, para pelajar harus dibekali juga dengan budi pekerti luhur, ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan patriotisme. "Itu merupakan pilar utama," ucapnya.

Selain itu, seni dan tradisi lokal dengan semangat kebangsaan harus terus digairahkan. "Karya sastra dan film karya seniman muda harus terus didukung," ujar Jokowi.

Untuk itu, pemerintah akan mendukung dengan terus berupaya meningkatkan Dana Abadi Kebudayaan. "Tentunya, sesuai dengan kemampuan fiskal pemerintah," kata Presiden Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar