Tanam 10 Juta Pohon, Upaya Indonesia Swadaya Pangan

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi (kanan) dalam acara

KBRN, Jakarta: Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) terus menggencarkan gerakan menanam 10 juta pohon. Hal ini salah satu upaya mencapai swadaya pangan di Indonesia.

Presiden Jokowi beberapa kali memberi peringatan mengenai negara yang saat ini sudah mengalami krisis pangan. Diduga hampir 40 negara telah mengalami krisis pangan.

“Supaya ini tidak terjadi di Indonesia. Kita harus berupaya betul agar menjadi swadaya pangan melalui Gerakan Penanaman 10 juta pohon ini,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi dalam keterangan resmi, Sabtu (20/8/2022). 

Adapun, Kemenko PMK melaui PT. Astra mendistribusikan bibit pohon buah di beberapa lokasi di Malang, dan Ponorogo. Diantaranya di Desa Gambingan Kec. Padang, Kampung berseri Astra Kec. Jabong, SMK PGRI 2 Ponorogo, Mojosari Mojokerto, dan sekolah serta desa binaan Astra.

Didik mengungkapkan, tantangan Indonesia pada 2030 adalah jumlah penduduk yang semakin banyak, yakni diperkirakan mencapai 300 juta jiwa. Menurutnya, tantangan terbesarnya adalah menyediakan pangan yang cukup bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Untuk menyediakan pangan, selain bahan baku makanan, ketersediaan buah-buahan juga perlu diperhatikan. Hal ini karena banyaknya impor buah-buahan di Indonesia yang luar biasa.

“Hal ini agak ironis, Indonesia yang katanya negara agraris tapi disisi lain impor buah mencapai triliunan. Oleh karena itu Gerakan 10 juta pohon ini kita banyak menanam pohon buah,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar