[Cek Fakta] Tautan Pendaftaran Bansos Program Keluarga Harapan

Disinformasi program keluarga harapan kemensos bansos. (Foto: Website Kominfo)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah tautan berisi informasi terkait pendaftaran secara online Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Tautan tersebut berjudul "Segera Daftar PKH Online Lewat Link Resmi, Ada Bansos Rp900 Ribu Sampai Rp3 Juta Masuk Rekening".

Situs tersebut turut meminta warga mengunduh aplikasi dan mendaftar dengan menyiapkan dokumen. Warga diminta dokumen KTP, KK, nama lengkap, dan alamat sesuai KTP. 

Dikutip dari Website Kominfo, klaim artikel yang menyediakan tautan untuk mendaftar Program Keluarga Harapan (PKH) secara online adalah keliru. Kemensos sendiri telah membantah membuat situs ataupun tautan khusus untuk pendaftaran PKH secara online.

Kemensos bahkan mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat menerima informasi yang beredar. Publik bisa mengecek melalui laman resmi yang disediakan Kemensos https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Dalam laman ini tersedia kolom data tentang penerima manfaat bansos hingga tingkat kelurahan. KATEGORI: HOAKS, LINK PENJELASAN: https://www.kominfo.go.id/content/detail/43790/hoaks-tautan-pendaftaran-bansos-program-keluarga-harapan/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar