FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Tenaga Kesehatan Kota Denpasar Divaksin Moderna

Ilustrasi / Tenaga kesehatan saat divaksinasi (Dok. AntaraFoto)

KBRN, Denpasar: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Denpasar, Bali, menyalurkan vaksin Moderna buatan Amerika Serikat (AS) ke rumah sakit dan puskesmas di wilayah itu untuk vaksinasi ketiga bagi 10.991 tenaga kesehatan (nakes). 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Denpasar, Bali, Ni Luh Sri Armini mengatakan, penyaluran vaksin ke beberapa rumah sakit hingga puskesmas dilakukan mulai hari ini, dimana Kota Denpasar memperoleh jumlah dosis terbanyak yaitu 770 vial dibandingkan kabupaten lain.

Kadinkes Kota Denpasar, Ni Luh Sri Armini (Istimewa)

“Kami mengambil vaksin ketiga di Dinkes Bali untuk fasyankes di wilayah Kota Denpasar. Jumlah sasarannya (vaksinasi) 10.991 orang dengan vaksin jenis Moderna," kata Ni Luh Sri Armini, dilansir dari Antara, Selasa (3/8/2021).

Ia menjelaskan, seluruh nakes wajib divaksin untuk dosis ketiga ini.

Hal ini karena nakes bersentuhan langsung dengan pasien COVID-19, sehingga dengan vaksin ini bisa melindungi nakes tersebut.

“Iya terbanyak di Denpasar, yang jelas kami tetap mengutamakan nakes yang memang langsung memberikan pelayanan ke masyarakat dan yang menangani pasien COVID," jelasnya.

Menurutnya, proses vaksinasi diharapkan bisa dilakukan di masing-masing lokasi fasilitas kesehatan sehingga lebih cepat dan efisien.

“Tenaga kesehatan (nakes) wajib divaksin kalau sudah memenuhi syarat itu, karena mereka bersentuhan langsung dengan pasien dan nanti enggak tahu apakah mereka Orang Tanpa Gejala atau Gejala Ringan (OTG-GR). Jadi itu riskan sekali," terangnya.

Vaksinasi dosis ketiga rencananya akan dilakukan di masing-masing lokasi fasilitas kesehatan.

Aturan ini berlaku untuk seluruhnya baik rumah sakit swasta maupun negeri dan puskesmas.

“Masing-masing fasilitas kesehatan akan melaksanakan vaksinasi agar lebih efektif efisien dan tidak lagi kesana kemari jadi susah nanti,” Jadi di tempatnya bekerja itu yang jadi fasyankes vaksinator," tambahnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan se-Provinsi Bali, sebanyak 40.786 tenaga kesehatan akan mengikuti vaksinasi ketiga dengan vaksin Moderna. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00