FOKUS: #VAKSIN COVID

Rabu, Jakarta Utara Buka Layanan Vaksinasi Booster

Ilustrasi / Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 sebelum disuntikkan pada seorang anak. ANTARA FOTO/Siswowidodo

KBRN, Jakarta: Warga Jakarta Utara akan Vaksin Booster Covid-19 dari Fasilitas kesehatan (faskes),  Rabu (12/1/2022) besok.

Dengan kata lain, vaksin dosis ketiga akan mulai disuntikkan. 

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Yudi Dimyati, mengatakan, vaksin booster nantinya hanya akan di faskes-faskes yang berada di Jakarta Utara. 

“Sementara titik lokasi layanan kami buka di faskes saja dulu biar mudah dijangkau,” ujar Yudi saat dikonfirmasi RRI.co.id di Jakarta, Selasa (10/1/2022) malam. 

Yudi menjelaskan, faskes yang bisa untuk melayani vaksin booster adalah faskes yang sebelumnya pernah terlibat kegiatan vaksinasi bagi orang dewasa maupun lansia. 

“Kami usahakan seluruh faskes yang sebelumnya melayani vaksinasi usia 18+ dapat membantu lagi memberikan layanan vaksinasi booster,” terang Yudi. 

Meski belum mengetahui jenis vaksin apa yang akan digunakan untuk vaksin booster, nantinya hanya mereka yang dianggap rentan terpapar Covid-19 bisa disuntik vaksin ketiga kalinya.  

“Dengan sasaran lansia dan masyarakat rentan usia 18+,” ucap Yudi. 

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan menetapkan mulai besok, Rabu (12/1/2022), bakal dilaksanakan vaksin booster terhadap lansia dan masyarakat yang rentan terpapar Covid-19. 

Adapun rencananya vaksin booster diberikan dalam dua skema, yakni gratis bagi masyarakat tidak mampu, dan berbayar untuk kelompok lainnya, dengan besaran yang belum ditentukan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar