Anggota ASEAN Mengakui Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Sertifikat Vaksin Covid-19 di Indonesia dosis pertama yang ada didalam aplikasi PeduliLindungi (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Para negara Anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengakui sertifikat vaksinasi covid-19 jadi langkah pertama keluar dari situasi pandemi.

Dalam pertemuan Anggota ASEAN dibahas pengembangan sertifikat covid-19 dengan menggunakan standar digital dapat meminimalkan paparan virus. Termasuk juga memaksimalkan potensi perjalanan internasional yang aman.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, implementasi verifikasi sertifikat vaksinasi covid-19 akan dilakukan secara sukarela di masing-masing negara anggota ASEAN. 

“Negara-negara anggota ASEAN dapat menggunakan mekanisme yang berlaku di masing- masing negara,” kata Menkes Budi dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (16/5/2022).

Menkes Budi menekankan pentingnya keterlibatan multi sektoral dalam operasionalisasi sertifikat vaksinasi covid-19.

"Para Menteri Kesehatan ASEAN berkomitmen untuk bekerja sama menumbuhkan ketahanan pasca pandemi covid-19 di antaranya melalui sertifikat vaksinasi," jelas Menkes.

Dengan saling pengakuan terhadap sertifikat vaksinasi covid-19, lanjut Menkes Budi, diharapkan warga negara anggota ASEAN dapat melakukan perjalanan dengan aman ke negara-negara ASEAN lainnya. 

"Penggunaan sertifikat vaksinasi covid-19 tetap menjunjung tinggi hukum yang berlaku, peraturan keimigrasian, dan protokol kesehatan wajib di masing-masing negara anggota ASEAN," pungkas Menkes.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar