Antisipasi Monkeypox, Masyarakat Diimbau Jaga Kebersihan dan Nutrisi

Ilustrasi Virus Cacar Monyet. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Masyarakat diimbau untuk menjaga kebersihan dan menambah nutrisi demi mencegah penyebaran monkeypox atau cacar monyet. 

Hal itu diutarakan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Agus Suprapto. Menurutnya musim hujan selama dua hari belakangan yang melanda Jabodetabek dapat meningkatkan penyebaran virus.

"Situasi cuaca yang berubah-ubah ini masyarakat harus menjaga kebersihan dan nutrisi, penyebaran virus akan semakin cepat," kata Agus saat berbincang bersama Pro3 RRI, Jumat (5/8/2022).

Agus melanjutkan, penyebaran virus cacar monyet dapat tertular melalui kontak fisik. Untuk itu, ia juga mengimbau agar masyarakat segera mencuci pakaian ketika perjalanan keluar.

"Ini kan penularannya melalui kontak fisik, jadi masyarakat yang selesai perjalanan keluar segera mencuci baju ketika dirumah," katanya merinci.

Selain itu, Agus juga menyarankan hindari kontak dengan hewan yang dapat menjadi sarang virus. Terutama hewan buas, tikus, primata, hewan yang sakit, atau yang ditemukan mati. 

"Hindari juga hewan-hewan yang terindikasi terkena virus," ucapnya menutup.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar