Ikut Lomba HUT RI, Satgas Ingatkan Protokol Kesehatan

Sejumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mengikuti lomba balap karung di Liponsos Keputih Surabaya, Jawa Timur, Rabu (3/8/2022). Berbagai macam lomba yang digelar mulai tanggal 1-11 Agustus 2022 itu untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.

KBRN, Jakarta: Masyarakat diminta tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) saat mengikuti rangkaian kegiatan maupun perlombaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan kembali masyarakat, bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga diharapkan menunda kegiatan jika merasa sakit.

"Masih ada beberapa jangka waktu menjelang 17 Agustus, dimohon untuk seluruh masyarakat bisa mempersiapkan rencana aktivitas yang aman di tengah pandemi Covid-19 agar peluang penularan dapat ditekan," kata Wiku dalam keterangan tertulis, Jum'at (5/8/2022).

Masyarakat diharapkan tetap waspada dengan potensi penularan yang ada di tengah kasus yang kembali meningkat. Selain itu, jika merasa sakit, dianjurkan untuk dapat melakukan berbagai opsi yang diberikan pemerintah khususnya terkait alternatif metode testing dapat dijalankan dengan bijak. 

"Ingat testing dilakukan untuk deteksi dini bukan untuk menutupi kondisi kesehatan seseorang," tegas Wiku.

Wiku menyebut disiplin protokol kesehatan (prokes) menjadi harga mati. Caranya, dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Tunda kegiatan bila merasa sakit untuk kesehatan dan keselamatan bersama," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar