Indonesia Masuk Lima Negara Vaksinasi Covid-19 Terbanyak

Presiden Jokowi saat Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Ke-77 RI, di di Gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022). (Foto: Agus Suparto)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, Indonesia menjadi negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Sebab, Indonesia termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia dengan 432 juta dosis vaksin telah disuntikkan.

"Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, bangsa Indonesia telah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh," kata Presiden saat Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Ke-77 RI, di di Gedung Nusantara, Selasa (16/8/2022).

Ketangguhan itu, menurut Presiden, lantaran masyarakat dusun dan kampung saling melindungi dan berbagi. Bahkan, para uama, tokoh agama, dan tokoh adat, aktif mendampingi masyarakat.

"Organisasi sosial keagamaan bergerak cepat membantu masyarakat. Tenaga kesehatan, TNI, Polri, dan jajaran birokrasi saling bersinergi," ungkap Presiden.

Tak hanya itu, Kepala Negara menyebut lembaga-lembaga negara juga mendukung pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian ini.

"Kalau mampu mengelola pandemi dengan baik, berarti kita juga pasti mampu mengelola agenda-agenda besar lainnya dengan baik. Inilah kekuatan pertama kita untuk membangun Indonesia," ucap Presiden.

Jokowi mengatakan saat ini semua negara di seluruh dunia tengah menghadapi ujian yang sama, yaitu krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya pulih. 

“Tantangan yang kita hadapi saat ini sangat berat, sangat sulit. Tidak mudah,” ucap Jokowi. 

Menurut Jokowi, ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga Indonesia. Oleh karena itu, Kepala Negara menekankan situasi ini harus dihadapi dengan kehati-hatian dan kewaspadaan. 

“Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur. Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini,” ucap Jokowi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar