Nasi Bekepor Santapan Keluarga Kerajaan Kutai

KBRN, Samarinda : Tak hanya kaya dengan sumber daya alam, Kalimantan Timur juga kaya dengan warisan kulinernya, salah satunya, nasi bekepor.

Nasi bekepor merupakan salah satu jenis makanan khas daerah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Nasi bekepor jadi satu peninggalan sejarah kerajaan Kutai yang kental akan sejarah.

Konon, nasi bekepor merupakan warisan dari Kerajaan Kutai Kartanegara. Nasi tersebut hanya dihidangkan untuk anggota keluarga kerajaan saja. Saat itu, makanan berbahan beras ini tak bisa dinikmati oleh masyarakat biasa.

Kata bekepor sendiri diambil dari cara masaknya yang diputar di atas bara api menggunakan panci yang terbuat dari perunggu sambil membaca shalawat. Proses ini yang diketahui jadi asal nama bekepor.

Seperti namanya, bahan utama dari nasi bekepor adalah beras. Namun, nasi bekepor diolah dengan minyak sayur, rempah-rempah serta potongan ikan. Biasanya nasi bekepor dihidangkan bersama dengan daging bumbu kecap, sayur gangan asam kukar dan juga sambal raja.

Melansir laman voinews bahan-bahan yang dibutuhkan seperti daun kemangi, cabai, ikan goreng kering yang sudah dihancurkan dan sedikit perasan jeruk nipis di masukin ke dalam panci.

Semua bahan itu dicampurkan ke dalam nasi setengah matang yang masih mengepulkan uap panas. Setelah diaduk-aduk hingga merata dan matang, nasi bakepor pun siap dinikmati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00