'We Go Together Festival', Pererat Hubungan Korsel-Indonesia

KBRN, Jakarta: Bulan Oktober menjadi bulan Korea di Indonesia, karena beragam acara mulai dari seni budaya, kuliner, festival film, dan pariwisata Korea Selatan akan digelar dalam rangkaian acara Korea Festival ‘2021 We Go Together Festival’.

Sejumlah kegiatan bahkan sudah digelar di akhir September kemarin, diantaranya ‘Photo Exhibition: Jeju to Bali’ di atrium City Walk Sudirman, Jakarta. Dan hari ini, diselenggarakan peringatan Korea National Foundation Day, yang diperingati setiap tanggal 3 Oktober.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae Sung dalam pernyataannya mengatakan, “Kami berharap ‘We Go Together Festival’ ini dapat menambah penggemar budaya Korea di Indonesia dan mengajarkan kita untuk saling menghargai budaya masing-masing, serta memupuk persahabatan yang lebih erat antara kedua negara.”

Selain Kedutaan Besar Korea Selatan, ‘We Go Together Festival’ juga melibatkan institusi Korea lainnya yang ada di Indonesia, yaitu Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), Korea Tourism Organization (KTO), Korea Creative Content Agency (KOCCA), Korea Foundation (KF), dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT).

“Kami meminta dukungan masyarakat pencinta Korea di Indonesia untuk mendukung berbagai acara yang kami tampilkan dalam ‘We Go Together Festival’,  sebagai pemberi semangat dan hiburan bagi masyarakat Korea dan Indonesia di masa pandemi ini,” tukas Direktur KCCI Kim Yong Woon.

‘ 2021 We Go Together Festival’ mengedepankan tema Feel Together, Taste Together dan Enjoy Together.  Melalui tema tersebut, akan digelar beragam acara melalui daring, seperti Virtual Culture Trip ke National Museum of Korea untuk menyaksikan pameran bertajuk ‘Annyeong Peony’, kelas memasak masakan Korea dan tur virtual ke resto-resto di Korea. Tak ketinggalan pertunjukkan K-Pop dan Korea Indonesia Film Festival (KIFF).   

Perwakilan dari CGV – jaringan bioskop asa Korea di Indonesia – Rahmi Kurniasih mengatakan, KIFF akan digelar di Jakarta dan Bandung dengan menampilkan film-film box office Korea dan film produksi Indonesia.

“KIFF tahun ini akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung, baik secara offline maupun online. Untuk yang ingin datang ke bioskop tiketnya seharga 15 ribu rupiah. Sedangkan yang ingin menonton online, tidak dikenakan biaya dan bisa mengakses film-film yang diputar di platform Vidio,” jelas Rahmi.  KIFF akan berlangsung dari tanggal 27-31 Oktober 2021.

Acara spesial lainnya di event Korea Festival 2021 adalah fashion show perpaduan busana tradisional Korea Hanbok dengan kain tradisional Indonesia Batik hasil rancangan disainer Korea Lee Hyo Jae.

“Meskipun sebagian besar acara digelar secara daring. Kami melihat ada sisi positifnya, karena acara-acara tersebut dapat disaksikan masyarakat Indonesia yang lebih luas, di berbagai daerah,” pungkas Deborah, dari KCCI. ()

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00