5 Mebel Esensial Wajib Ada di Rumah Mungilmu

KBRN, Jakarta : Seberapa pun luas dan ukuran sebuah hunian, terdapat beberapa jenis furnitur, perabot, ataupun mebel yang tidak boleh absen. Furnitur-furnitur esensial ini pun juga beragam dan terdiri dari berbagai tingkatan. 

Tergantung dari faktor urgensi, fungsi ruangan, jumlah orang yang tinggal di dalam rumah, dan gaya hidup anggota keluarga.

Dimulai furnitur non-mebel dari yang paling mendasar dan harus ada bahkan saat rumah masih kosong melompong. Shower, bak mandi, kloset, dan wastafel biasanya adalah furnitur yang pertama kali dipasang di rumah yang kondisinya masih unfurnished. Begitu juga lampu guna menerangi seluruh rumah. 

Barulah ketika memasuki tahap furnishing, pemilik hunian menambahkan berbagai furnitur dan mebel penting untuk mendukung kehidupan sehari-hari di rumah. Lemari pakaian di masing-masing kamar tidur, set meja dan kursi makan, dan lain-lain.

Yang membedakan benda-benda ini dengan furnitur lain adalah sifatnya yang relatif mudah dipindahkan dari satu ruangan ke ruangan lain. Mengingat kata “mebel” sendiri berasal dari kata “movable” yang berarti dapat dipindahkan.

Furnitur mebel seperti ini juga diperlukan untuk mendukung aktivitas kehidupan sehari-hari di rumah. Ketika hilang salah satunya, akan ada yang terasa kurang dan membuat seluruh anggota keluarga terasa repot dan terganggu pola hidupnya.

Dekoruma sudah mengumpulkan lima mebel esensial yang harus selalu ada dalam tempat tinggal. Meskipun Anda tinggal di rumah tapak berukuran di bawah 100 meter persegi, apartemen studio, atau bahkan kamar kos sekalipun, mebel-mebel berikut ini harus selalu ada. 

1. Kabinet Serbaguna

Dalam hal ini, kabinet serbaguna berarti segala kabinet, lemari, rak, atau ruang penyimpanan yang bisa menyimpan atau menaruh beragam jenis barang kebutuhan rumah tangga. Meskipun terdiri dari berbagai bentuk dan jenis, ada beberapa kabinet yang perlu selalu ada di tempat tinggal.

Dimulai dari set rak TV di ruang keluarga untuk meletakkan televisi dan ruang penyimpanan, rak buku untuk menaruh buku, dokumen, atau barang-barang pribadi lain, atau credenza yang juga bisa difungsikan sebagai rak TV dan rak buku di saat yang bersamaan.

Anda juga bisa memesan kabinet serbaguna custom untuk menyesuaikan kebutuhan dan desain interior rumah. Menggabungkan ruang penyimpanan tertutup seperti lemari dan laci, serta ruang penyimpanan terbuka seperti rak. 

2. Tempat Tidur dan Lemari Pakaian

Berpindah ke kamar tidur, mebel pertama yang wajib hukumnya adalah tempat tidur. Idealnya, rangka tempat tidur yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran kamar dan kasur yang tingkat keempukannya nyaman dan sesuai selera. Tanpa tempat tidur, bagaimana Anda bisa tidur, bukan?

Mebel selanjutnya yang diletakkan di kamar tidur adalah lemari pakaian. Mirip seperti kabinet serbaguna, lemari pakaian akan jadi ruang penyimpanan serbaguna di kamar tidur.

Selain menyimpan pakaian dan menjaganya tetap rapi dan mudah dicari, Anda juga bisa menyimpan barang-barang pribadi lain dalam lemari pakaian. Begitu juga dengan barang-barang berharga dengan menambahkan laci dengan kunci. 

3. Kitchen Set

Setelah tempat untuk berkumpul bersama keluarga dan tempat untuk tidur, ruangan yang ini juga tidak kalah penting fungsinya di rumah. Sebagai tempat memasak dan menyiapkan makanan untuk orang rumah, kitchen set juga tidak boleh hilang di rumah.

Kitchen set pun tidak harus besar dan mewah. Kitchen set yang lengkap akan memudahkan proses memasak. Dimulai dengan kabinet dapur, konter dapur, laci, serta rak untuk menyimpan berbagai peralatan masak dan bahan makanan. 

Barulah disusul dengan peralatan pendukung seperti kompor, kulkas, oven, microwave, atau peralatan elektronik lainnya. 

4. Meja dan Kursi Makan

Makanan dan minuman yang disiapkan di dapur kemudian akan disantap di ruang makan. Maka dari itulah, meja dan kursi makan diperlukan. Apalagi kalau bukan untuk makan dan minum. Lebih dari itu, meja dan kursi makan juga punya fungsi lain selain sebagai tempat mengonsumsi makanan.

Ruang makan juga bisa menjadi tempat untuk berkumpulnya keluarga. Makan bersama sebelum dan sesudah beraktivitas seharian sambil mengobrol. Lebih dari itu, meja dan kursi makan juga bisa menjadi tempat bekerja ketika di rumah apabila Anda belum memiliki meja dan kursi kerja. 

5. Sofa atau Sofa Bed

Sedikit berbeda dengan meja makan atau lemari pakaian, beberapa orang yang tidak menganggap sofa sebagai mebel atau furnitur esensial yang perlu ada di rumah. Ada keluarga yang lebih suka duduk, bersantai atau menonton televisi sambil lesehan atau di atas kasur di kamar tidur.

Padahal sofa yang tepat bisa menjadi tempat yang nyaman untuk duduk dan bersantai. Duduk di sofa juga lebih suportif untuk postur tubuh daripada duduk di karpet atau tempat tidur.

Anda juga bisa menggunakan sofa bed supaya lebih multifungsi seperti layaknya kabinet serbaguna. Terutama apabila ada keluarga atau kerabat yang datang menginap dan butuh tempat tidur tambahan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, furnitur dan mebel di atas akan berguna mendukung aktivitas dan kebutuhan mendasar Anda dan keluarga. Keseharian di tempat tinggal pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan meski ukuran tempat tinggal tidak terlalu luas. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00