Potensi Wisata Jalur Kereta Makassar-Parepare

Ilustrasi kendaraan operasional berada di areal pengerjaan proyek rel kereta api trans Sulawesi di Desa Pekkae, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare terus berlanjut dan ditargetkan selesai, pada Oktober 2022. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar pemerintah setempat menyiapkan berbagai objek wisata di sepanjang jalur itu.

“Bisa dikatakan ini menjadi kereta wisata pertama di luar Jawa dan Sumatera, pertama kali di Sulawesi,” kata Budi Karya saat rapat koordinasi progres pembangunan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare di Makassar, Sabtu (28/5/2022).

Jalur kereta Makassar-Parepare merupakan bagian dari jalur Trans Sulawesi. Jalur itu akan menghubungkan berbagai kota di Sulawesi yang terbagi menjadi beberapa bagian. 

"Untuk jalur Makassar-Parepare, panjangnya sekitar 145 kilometer," kata Budi.

Sekretaris Dinas Pariwisata Sulawesi Selatan Devo Khaddafi mengatakan, pihaknya sedang berupaya mengumpulkan data objek wisata atau situs sejarah yang berdekatan dengan stasiun kereta api. 

"Salah satu diantaranya adalah Rammang-rammang di Maros," kata Devo.

Rammang-rammang merupakan kawasan karst yang menjadi objek wisata sekaligus geopark. Tempat itu menyajikan gugusan bukit karst yang eksotis bersama hamparan sawah dan sungai yang mempercantik kawasan itu.

"Keberadaan stasiun kereta api diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten yang dilintasi jalur kereta api.Stasiun kereta api tidak hanya berfungsi sebagai tempat naik-turunnya penumpang, tapi juga menjadi tempat pusat informasi pariwisata dan kegiatan masyarakat," kata Devo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar