Usulan Penyelidikan Asal Mula Corona Ditolak China

Foto: Reuters

KBRN, Jakarta: Usulan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) soal penyelidikan fase kedua asal usul virus corona (Covid-19) tidak akan diikuti China.

Mengutip Reuters dari CNN, Kamis (22/7/2021), Wakil Kepala Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) Zeng Yixin menyebut, usulan WHO itu mengandung bahasa yang tidak menghormati ilmu pengetahuan atau sains.

Pada pekan lalu, WHO mengajukan studi fase kedua tentang asal usul corona di China, termasuk di laboratorium Wuhan yang diyakini beberapa pihak sebagai tempat kemunculan virus tersebut.

Sejumlah diplomat di Jenewa menuturkan bahwa WHO menyerukan studi lebih lanjut di China dan bukan negara lain, khususnya untuk audit laboratorium di sekitar Wuhan.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mempresentasikan rencana tersebut kepada negara-negara anggota pada pertemuan tertutup.

Pada Februari lalu, tim yang dipimpin peneliti WHO menghabiskan empat minggu di Wuhan untuk melakukan penelitian asal usul virus corona bersama dengan para peneliti China.

Dalam laporan bersama sebulan kemudian, tim WHO menyatakan bahwa virus itu mungkin ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain.

Banyak pihak merasa kecewa dengan penyelidikan bersama WHO dan China itu lantaran dinilai tak memberikan informasi baru dan berarti soal asal mula virus corona.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00