FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Penilaian Vaksin Sputnik, WHO Tunggu Kelengkapan Data

(TASS)

KBRN, Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyambut baik penandatanganan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) terhadap dokumen yang diperlukan dalam penilaian Sputnik V agar dimasukkan dalam status EUL (daftar penggunaan darurat) dan menunggu set data lengkap untuk analisis, menurut pernyataan Hubungan Media WHO pada hari Kamis (21/10/2021).

“WHO menyambut baik penandatanganan RDIF atas semua perjanjian hukum yang diperlukan untuk penilaian EUL. Kami berharap dapat menerima data lengkap untuk analisis dan untuk kelanjutan proses penilaian,” kata biro pers, seperti dikutip dari TASS, Jumat (22/10/2021).

Pada hari Rabu, WHO mengonfirmasi bahwa keputusan untuk memasukkan vaksin Sputnik V COVID-19 Rusia dalam Daftar Penggunaan Darurat (EUL) akan diambil setelah "inspeksi terakhir" di Rusia, kata situs web resmi WHO.

Dokumen berjudul 'Status Vaksin COVID-19 dalam proses evaluasi WHO EUL/PQ', menunjukkan bahwa "proses telah dimulai kembali" dan organisasi "menunggu penyelesaian pengajuan bergulir" dan "pemeriksaan terakhir". WHO menekankan bahwa keputusan tentang Sputnik V akan dibuat "setelah semua data diserahkan dan tindak lanjut pengamatan inspeksi selesai".

Seperti yang dikatakan Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF) sebelumnya, "WHO telah mengonfirmasi bahwa prosedur persetujuan Sputnik V berlanjut dan sedang menjalani tahap terakhirnya." 

"Sekelompok inspektur WHO akan segera mengunjungi Rusia untuk mengumpulkan semua data yang diperlukan tentang tusukan itu," bunyi pernyataan itu.

CEO RDIF Kirill Dmitriev menyatakan harapan bahwa vaksin akan disahkan oleh WHO dalam beberapa bulan ke depan. “Kami mengharapkan sekelompok inspektur [WHO] di Rusia segera, dan kami berharap persetujuan Sputnik V dalam beberapa bulan ke depan,” kata Dmitriev.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00