Meriah, Perayaan HUT Ke-77 RI di Sudan

Duta Besar RI Khartoum, Sunarko, menyerahkan hadiah pada para pemenang lomba Peringatan HUT ke-77 RI di Sudan, Rabu (17/8/2022)

KBRN, Khartoum: Sekitar 200 Warga Negara Indonesia (WNI) memadati halaman Kedutaan Besar RI (KBRI) Khartoum, Sudan. Mereka mengikuti jalannya upacara peringatan HUT ke-77 RI, Rabu (17/08/2022).

Duta Besar RI Sunarko, bertindak selaku inspektur upacara dan Mayor Dede Farlian bertindak sebagai komandan upacara. Upacara pun berlangsung dengan khidmat. 

Sunarko mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Sudan untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Caranya dengan memperkokoh semangkat nasionalisme dan persatuan.

“Seluruh komponen bangsa Indonesia, termasuk pekerja migran, pekerja profesional dan mahasiswa Indonesia, harus bersatu padu.  Dalam semangat gotong royong untuk mewujudkan pemulihan nasional lebih cepat, serta  untuk kebangkitan Indonesia yang lebih kuat,” ujar Sunarko dalam keterangan resmi yang dikutip RRI.co.id, Kamis (18/08/2022).

Dubes Sunarko mengingatkan motto HUT ke-77 RI yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Untuk konteks di Sudan, pemerintah Indonesia siap berkontribusi aktif pada penguatan kerja sama bilateral RI-Sudan. 

“Utamanya dalam bidang ekonomi, investasi dan kerja sama teknik, serta hubungan baik masyarakat kedua negara,” kata Sunarko. Sudan selama ini mengekspor hasil pertanian seperti kacang tanah, biji wijen ke Indonesia. 

Perayaan HUT ke-77 RI di Sudan dimeriahkan dengan berbagai pertandingan. Di antaranya pertandingan olah raga, yaitu futsal, voli, tenis meja, catur. 

Selain itu ada  lomba karya seni yaitu menulis esai, fotografi dan mewarnai khusus untuk anak-anak. Digelar juga acara “Gebyar Kemerdekaan” dengan berbagai lomba khas perayaan kemerdekaan, seperti tarik tambang dan lomba balap karung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar