Terdakwa Asabri Hadirkan Saksi, JPU: Sudah Ajukan Bukti

Kasubdit Direktorat Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Wagiyo (Dok. RRI/IMMANUEL CHRISTIAN)

KBRN, Jakarta: Para terdakwa menghadirkan saksi A De Charge (ahli yang menguntungkan) dalam skandal Mega Korupsi PT. Asuransi Bersenjata Republik Indonesia (Asabri).

Meski 16 saksi A De Charge dihadirkan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) tetap merasa yakin sudah dapat dikemukakan secara lengkap tentang alat-alat bukti yang mendukung dakwaan Penuntut Umum. 

"Kita sudah mengajukan alat bukti baik itu saksi maupun itu alat bukti dokumen maupun ahli, kita sudah ajukan terlebih dahulu, terakhir kemaren BPK ya, BPK minggu lalu sudah kita ajukan, dan dari saksi maupun bukti-bukti yang sudah kita ajukan," kata Kasubdit Direktorat Jaksa Agung Muda bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Wagiyo, saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Senin (29/11/2021). 

Setelah pemeriksaan terdakwa, tahap berikutnya bacaan tuntutan, kemudian jawab menjawab yang akan dijalani sampe kedepan. 

JPU mengakui tidak memberikan target karena Majelis akan memberikan kesempatan yang sama kepada kedua belah pihak.

“Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan cepat makanya tentu kita berusaha semaksimal mungkin persidangan berjalan dengan cepat dan perkara dapat diselesaikan sesuai dengan yang kita inginkan" ungkapnya. 

Adapun susunan ahli yang dihadirkan oleh Terdakwa antara lain :

- Dr. Eva Achjani Zulfa, S.H., M.H. (Ahli dari Terdakwa Jimmy Sutopo dan Heru Hidayat)

- Dr. Dian Puji N. Simatupang, S.H., M.H (Ahli dari Adam R. Damiri, Sonny Widjaja, Hari Setianto, Lukman Purnomosidi dan Jimmy Sutopo)

- Dr. Arman Nefi, S.H., M.M. (Ahli dari Terdakwa Sonny Widjaja dan Jimmy Sutopo)

- Dr. Eko Sambodo (Ahli dari Terdakwa Adam R Damiri, Bachtiar Effendi dan Heru Hidayat)

- H. Drs. Budi Ruseno, MM (Ahli dari Terdakwa Adam R Damiri dan Effendi)

- Irfan rahardjo, SE MM (Ahli dari Terdakwa Hari Setianto)

- Prof Dr Agus Surono (Ahli dari Terdakwa Hari Setianto)

- Ito Warsito, Ak., M.BA (ahli dari Terdakwa Hari Setianto)

- Indra Syahfitri SH MM CRMP QQA (Ahli dari  Terdakwa Lukman Purnomosidi)

- Dr Mahmud Mulyadi  (ahli dari Terdakwa Lukman Purnomosidi)

- Dr Miftahul Huda, S.H., L.LM (ahli dari Terdakwa Lukman Purnomosidi)

Untuk diketahui, penyidik kembali menetapkan tiga orang tersangka individu dalam kasus dugaan korupsi PT ASABRI. Ketiganya adalah Edward Seky Soeryadjaya selaku Mantan Direktur ORTOS HOLDING, Betty selaku Mantan Komisaris Utama PT Sinergi Millenium Sekuritas, dan Rennier Abdul Rachman Latief selaku Komisaris PT Sekawan Inti Pratama. 

Ketiganya merupakan narapidana di kasus berbeda. Dengan penambahan tiga tersangka, jumlah seluruh tersangka individu 12 orang dan 10 tersangka korporasi. 

Aset sitaan pun bertambah setelah dua mobil BMW 520i milik PT RIMO Internasional disita di kediaman tersangka Teddy Tjokrosaputro. Sementara, total aset sitaan masih Rp14 triliun karena kedua mobil itu masih dalam proses penghitungan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar