FOKUS: #PPKM

Mantan Pegawai KPK Jadi Satgas Pencegahan Korupsi

Sejumlah mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai dilantik di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (9/12/2021). Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi melantik 44 mantan pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri. (Dok. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

KBRN, Jakarta: Para mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mulai bertugas di Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Korupsi.

Ke-44 orang itu melaksanakan tugas sebagai ASN Polri setelah menjalani pelatihan dan pelantikan.

Satgas tersebut sudah aktif bekerja dan melakukan koordinasi dengan kementerian lembaga terkait pencegahan korupsi.

Mereka juga bertugas melakukan deteksi hingga monitoring atau pemantauan. 

“Sudah ditugaskan dalam Satgas Pencegahan Korupsi,” kata Kepala Biro (Karo) Penerangan Masyarakat (Penmas) Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (18/1/2022). 

Sebelumnya, wacana mantan 44 eks pegawai KPK akan masuk dalam Satuan Tugas Pencegahan Tindak Pidana Korupsi (Satgas Tipikor) Polri telah digelontorkan.

Tentunya, pengisian di tim pencegahan rasuah itu dilakukan karena mereka telah diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. 

“Akan dibentuk satgas pencegahan tipidkor, dalam waktu dekat ya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, di Mabes Polri, Kamis (6/1/2022).

Pembentukan Satgas Tipikor menjadi penempatan sementara bagi Novel Baswedan kawan-kawan.

Sebab Korps Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Kortas Tipidkor) masih dalam proses pembentukan.

Kortas Tipidkor Polri merupakan pengembangan dari Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) yang berada di bawah Bareskrim Polri.

Kortas Tipidkor Polri menjadi satuan khusus berada di bawah kendali Kapolri, seperti halnya Korps Brimob dan Korpspolairud Baharkam Polri.

Pada tahap awal, Kortas Polri dibentuk di tingkat Mabes Polri terlebih dahulu, setelahnya akan dibentuk di tingkat kewilayahan. 

Terhitung mulai 3 Januari 2022, Novel Baswedan dan 43 rekannya eks pegawai KPK mulai bertugas sebagai ASN di Mabes Polri.

Saat ini, Novel dan lainnya bertugas di bidang pencegahan tindak pidana korupsi pada Dittipidkor Bareskrim Polri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar