KPK Temukan Uang Suap di Pemalang

Bupati Pemalang Jawa Tengah, MAW usai ditetapkan menjadi tersangka oleh Penyidik KPK Foto : Umam RRI

KBRN, Jakarta: KPK menggeledah enam lokasi untuk mencari bukti dugaan suap jual beli jabatan di Pemalang pada Senin (15/8/2022). Penyidik berhasil mengamankan uang suap saat melakukan penggeledahan.

"Tim penyidik menemukan dan mengamankan bukti di antaranya berupa berbagai dokumen, barang elektronik dan sejumlah uang," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (16/6/2022).

Kata Ali, enam lokasi itu yakni Kantor Bupati Pemalang, Kantor Dinas Koperasi Pemkab Pemalang, Kantor BKD Pemalang, Kantor Dinas PUPR Pemalang. Lalu Kantor Kominfo Pemalang, dan kediaman Bupati nonaktif Pemalang MAW.

Ali enggan memerinci lebih lanjut total uang yang ditemukan. Uang tersebut diyakini mempercepat pemberkasan kasus.

"Langkah lanjutan dari temuan bukti tersebut, akan segera dianalisis dan disita sebagai bagian dari kelengkapan berkas perkara penyidikan," jelas Ali.

Diketahui, KPK menetapkan enam tersangka dalam perkara dugaan suap terkait jual beli jabatan di lingkungan Pemkab Pemalang pada 2021-2022. Para tersangka ini ditangkap KPK pada Kamis (11/8/2022) minggu lalu. 

Mereka adalah Bupati Pemalang MAW, Komisaris PD Aneka Usaha AJW; penjabat Sekretaris Daerah  SM. Lalu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah SG, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika YN, Kepala Dinas Pekerjaan Umum MS.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar