DPR Apresiasi Layanan Jemaah Haji Indonesia

Perwakilan dari Komisi VIII DPR RI dan Petugas Haji Indonesia di Mekkah berfoto bersama saat kunjungan Anggota Komisi VIII ke Mekkah, Arab Saudi, Selasa (28/6/2022)

KBRN, Mekkah: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengapresiasi layanan yang diberikan petugas haji Indonesia kepada calon jemaah haji di Mekkah, Arab Saudi. Menurut Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka, secara umum layanan yang diberikan untuk jemaah sudah baik.

"Secara umum, hotelnya bagus, makanannya enak, jemaah juga suka. Alhamdulillah ya," ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka di Mekkah, Selasa (28/6/2022). 

Diah datang ke Mekkah bersama rombongan perwakilan anggota DPR RI. Mereka menyempatkan diri mencicipi makanan yang disiapkan bagi jemaah. 

"Makanannya standar. Aspirasinya, jemaah rindu kerupuk sama jengkol," ujar Diah lebih lanjut.

Rasa makanannya cukup enak menurut Diah. Ia juga menyaksikan bahwa selain dapat makanan inti, jemaah juga mendapatkan buah dan air zamzam. 

Meski demikian, ada beberapa catatan yang disampaikan Diah, seperti masalah kapasitas kamar hotel. 

"Kapasitas kamar kalau bisa seragam, minimal beda satu. Ini bukan masalah besar kecilnya kamar, tapi psikologis. Orang selama 40 hari di satu kamar berenam, mungkin lebih nyaman bertiga. Artinya penyamaan standar bagi tiap jemaah itu mungkin perlu diperbaiki," ujar Diah. 

Anggota lain dari Komisi VIII DPR Abdul Wahid meninjau Al Kiswah Tower, wilayah Jarwal di sektor 4. Wahid juga memberikan apresiasi terhadap layanan yang diberikan kepada jemaah calon haji Indonesia. 

"Kami melihat dan ngobrol, para jemaah asal Indonesia sangat senang sekali dengan fasilitas yang diberikan," ujar Abdul Wahid. 

Rombongan DPR RI yang dipimpin Wahid terdiri dari 9 orang yang merupakan gabungan komisi mulai dari Komisi VIII, IX, dan Komisi I. Menurutnya, jemaah juga memuji pelaksanaan haji tahun ini. Kamar hotel, menurut mereka sangat nyaman karena setiap jemaah mendapat satu tempat tidur. 

"Kamar mandi juga bagus. Katering juga enak, citarasa Indonesia. Ada buah-buahan juga di setiap makan," ujar politisi dari Gerindra itu. 

Begitu pula dengan transportasi. Adanya bus  shalawat yang melayani jemaah selama 24 jam dari seluruh hotel ke Masjidil Haram pulang pergi juga diapresiasi anggota DPR. 

Usai mengunjungi Al Kiswah Tower, anggota DPR tersebut langsung mengunjungi lokassi katering Al Mutamayizzun yang menyediakan makanan untuk 5.500 jemaah. Dari terminal, kunjungan berlanjut melihat Hotel Sagreyah yang ada di Raudhah. Hotel tersebut khusus untuk jemaah Aceh dan Medan. 

Sama dengan Al Kiswah Tower, para anggota DPR ini juga mendapati kepuasan dari para jemaah. 

"Alhamdulillah makanannya enak. Sehari tiga kali, rasanya juga khas Indonesia. Dapat buah juga. Hotelnya juga nyaman," ujar Siti Maryam, jemaah calon haji asal Aceh. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar