Saudi Tetapkan 1 Dzulhijjah Kamis 30 Juni 2022

Masjid Nabawi dari Makam Baqi, Madinah, Arab Saudi. Foto : Media Center Haji 2022

KBRN, Jeddah : Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada Kamis (30/6/2022). Pengumuman ini disampaikan oleh pemerintah Arab Saudi setelah para ulama dan masyarakat umum melihat hilal bulan baru, yaitu bulan Dzulhijjah pada Rabu (29/6/2022) petang. 

Dikutip dari Arabnews.com dan Haramain Sharifain bahwa dengan terlihatnya bulan baru Dzulhijjah 1443 H pada Rabu petang, maka tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada Kamis (30/6/2022). 

"Setelah terlihat hilal bulan sabit baru pada Rabu petang, maka dapat disampaikan bahwa 5 hari perayaan Idul Adha akan dimulai pada 9 Juli 2022 mendatang," demikian bunyi pengumuman Haramain Sharifain yang merupakan media resmi Arab Saudi, selain Arabnews.com. 

Bulan Dzulhijjah, yang akan dimulai pada 30 Juni 2022 esok, merupakan bulan untuk jemaah haji. Prosesi puncak ibadah haji akan dimulai pada hari ke 8 Dzulhijjah, puncak Arafah, Muzdalifah, dan Mina akan jatuh pada 9 hingga 11 Dzulhijjah. 

Tenda-tenda untuk jemaah di Arafah sudah tersedia dan begitu pula dengan akomodasi di Mina. Semuanya sudah tersedia untuk menyambut tamu-tamu Allah SWT untuk berhaji.

Pemerintah Arab Saudi pun telah melakukan penyambutan kedatangan jemaah calon haji perdana pada 4 Juni yaitu jemaah calon haji dari Indonesia. Ini menjadi haji perdana pasca pandemi Covid-19. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar