Jadwal Wukuf Puncak Ibadah Haji di Arafah

Suasana wukuf di Arafah yang merupakan puncak dari rangkaian ibadah haji. (Foto: Dok. Antara)

KBRN, Riyadh: Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan pada Rabu (29/6/2022), ritual di Padang Arafah untuk mengerjakan wukuf dilakukan pada Jumat 8 Juli 2022. Dengan demikian hari pertama Idul Adha atau 10 Zulhijah jatuh pada Sabtu keesokan harinya.

Berkumpul di Padang Arafah untuk wukuf merupakan puncak ibadah haji. Itu dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah. Salah satu upacara menunaikan ibadah haji dengan berdiam (hadir) di Arafah, ketika mulai waktu tergelincir sampai terbenam matahari tanggal 9 Zulhijah. Maka itu penting untuk menetapkan kapan tanggal 1 Zulhijah.

Berdasarkan pernyataan Mahkamah Agung Arab Saudi, seperti dilansir dari Saudi Press Agency, hilal berhasil dilihat di Observatorium Tamir, dekat Riyadh, pada Rabu malam. Sehingga Kamis hari ini menjadi tanggal 1 Zulhijah di Arab Saudi.

Sebelumnya Mahkamah Agung meminta semua umat Islam di seluruh Kerajaan Arab Saudi, untuk melibat bulan sabit Zulhijah pada Rabu malam. Mahkamah meminta kepada siapapun yang melibat bulan sabit dengan mata telanjang atau teleskop, untuk melapor ke pengadilan terdekat.

Sementara beberapa negara muslim mengumumkan dimulainya perayaan Idul Adha pada 9 atau 10 Juli 2022. Tergantung dari penampakan bulan sabit Zulhijah pada Rabu malam.

Di sebagian besar negara Arab dan muslim, hari pertama tasyrik jatuh pada Sabtu 9 Juli. Namun di banyak negara Asia Tenggara, Iduladha akan dimulai pada Minggu 10 Juli.

Indonesia, negara berpenduduk muslim terbesar, Malaysia, dan Brunei, mengumumkan perayaan Iduladha dimulai pada Minggu. Itu karena tidak terlihatnya bulan sabit (hilal) Zulhijah pada Rabu kemarin malam.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar