Karhutla di Riau, Helikopter Water Bombing Dikerahkan

Tim satgas darat padamkan karhutla di Rohil. Foto: istimewa

KBRN, Pekanbaru: Satu unit helikopter water boombing dikerahkan melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir dan Rokan Hulu, Riau Kamis (22/7/2021). 

"Hari ini satu helikopter water boombing dikerahkan karena helikopter tinggal dua, satu lagi sedang maintenance. Tadi pagi melakukan pemadaman ke Rohul dan setelah itu ke Rohul," kata epala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, Kamis (22/7/2021).

Dikatakan Jim, kebakaran di Kabupaten Rohil sudah lima hari terjadi dan Rohul sekitar dua hari lalu. Upaya pemadaman terus dilakukan baik melalui udaran maupun darat. 

"Sudah ada titik api berdasarkan pantauan udara dan satelit di dua wilayah ini. Di Rohil sudah dilakukan pemadaman oleh tim darat dan water boombing. Sampai sekarang masih dilakukan pemadaman karena angin kencang dan lahan kering," kata Jim Gafur, Kamis (22/7/2021). 

Sementara kebakaran di Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu lokasi perbukitan dan tim darat kesulitan memperoleh air untuk melakukan pemadaman. 

"Luas kebakaran lahan belum dihitung karena masih pemadaman," pungkas Jim Gafur.

BMKG Stasiun Pekanbaru hari ini mencatat terpantau 46 titik panas di Riau. Diantaranya Kabupaten Rokan Hilir 24 titik, Kampar 6 titik, Rokan Hulu 4 titik, Indragiri Hulu dan Pelalawan masing-masing 3 titik, Bengkalis 2 titik, Kuantan Singingi, Kepualauan Meranti, Indragiri Hilir dan Kota Dumai masing-masing 1 titik. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00