Wadanjen Kopassus, Siap Pimpin Pasukkan Baret Biru 

Brigjen TNI Tri Budi Utomo (kanan) saat masih berpangkat kolonel dan ditunjuk sebagai Dangrup A Paspampres pada 2019(Foto: Puspen TNI).

KBRN, Jakarta: Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mempromosikan Brigjen Tri Budi Utomo.

Wadanjen Kopassus tersebut nantinya akan menggantikan posisi Mayjen Agus Subiyanto yakni menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres). 

Diketahii mutasi jabatan ini diberikan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Tidak hanya dirinya, surat keputusan tersebut juga menetapkan mutasi dan promosi kepada 60 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 31 Pati TNI AD, 13 Pati TNI AL dan 16 Pati TNI AU.

Sebelumnya Budi sendiri, pernah menjadi Komandan Grup A Paspampres, yang bertugas mengawal Presiden Joko Widodo (2018-2019). 

Dengan adanya promosi sebagai Danpaspampres ini, maka Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah 6 Februari 1971 itu,  akan naik pangkat menjadi Mayjen atau ia akan menempati posisi jenderal bintang dua.

Sementara Mayjen Agus Subiyanto sendiri saat ini menempati posisi sebagai Pangdam III/Siliwangi. Agus mengemban Danspampres sejak 18 November 2020 lalu. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00