FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Bio Farma Ungkap Kisaran Harga Vaksin Booster

KBRN, Jakarta: PT Bio Farma (Persero) masih menunggu ketetapan pemerintah terkait tarif vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster. 

Meski belum final, Kepala Bagian Operasional Pelayanan Bio Farma Erwin Setiawan menyebut, pihaknya memberikan referensi harga booster tak jauh berbeda dengan vaksin gotong royong. 

"Untuk harga ditetapkan pemerintah pendampingan dari BPKP, jadi kita menunggu jenis vaksin yang akan digunakan. Tapi sebagai referensi kemarin ini kan vaksin yang berbayar yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong itu kurang lebih harganya sekitar Rp188 ribu ya kalau ga salah, dan juga untuk jasa layanannya kurang lebih Rp117 ribu," ujar Erwin dalam Dialog KPCPEN, Kamis (18/11/2021). 

"Itu mungkin referensi saat ini vaskin berbayar yang saat ini ada yang pelaksanaannya untuk badan hukum dan juga badan usaha," tambahnya. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi booster untuk masyarakat umum selain tenaga kesehatan akan dilakukan setelah 50 persen total sasaran vaksin sudah mendapatkan vaksin dosis kedua. 

Rencananya booster vaksin Covid-19 akan diprioritaskan lebih dulu untuk lansia karena risiko penularan lansia lebih tinggi. 

Nantinya pemberian vaksin booster juga akan dibiayai negara khusus untuk penerima bantuan iuran (PBI) program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sedangkan yang lainnya berbayar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar