Kawanan Gajah Rusak Belasan Rumah di Aceh

KBRN, Bener Meriah: Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan kawanan gajah liar Sumatera merusak belasan rumah di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. 

Kawanan gajah liar ini diketahui turun gunung dan masuk ke pemukiman penduduk pada Senin (29/11/2021) sekitar pukul 18.00 WIB. 

"Telah terjadi kawanan gajah liar menyerang pemukiman warga pada hari Senin, 29 November 2021 pukul 18.00 WIB di Desa Negri Antara dan Blang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas di Banda Aceh, Selasa (30/11/2021) pagi. 

Berdasarkan laporan dari tim BPBD Bener Meriah, sebut Ilyas, pada pukul 18.00 WIB  tim menerima laporan warga bahwa telah terjadi amukan gajah liar yang merusak rumah warga dan perkebunan warga. 

"Dari pendataan petugas di lokasi kejadian ada 18 unit rumah rusak dengan tingkat kerusakan ringan, rusak sedang hingga rusak berat," rincinya. 

Sejumlah warga memilih untuk mengungsi karena khawatir kawanan gajah liar kembali datang ke pemukiman. 

Sementara dalam upaya penanggulangan, BPBD menurunkan anggota TRC untuk melakukan pendataan. Dari pendataan petugas 16 korban terdampak berada di Desa Negeri Antara dan dua korban berada di Desa Belang Rakal.

 Beruntung,  tidak ada korban jiwa dalam peristiwan ini. Sementara kerugian masih dalam pendataan petugas. Kondisi terkini dilaporkan gajah liar masih di wilayah aktivitas warga setempat. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar