Jokowi Resmikan Dua Bendungan Besar di Jatim

Bendungan Gongseng, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Dok : Youtube Sekretariat Presiden.
Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Dok : Youtube Sekretariat Presiden
Bendungan Tugu Mulai Beroperasi Pengairan Lahan. Dok : Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/11/21). Dok : Youtube Sekretariat Presiden
Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek. Dok : Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/11/21). Dok : Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/11/21). Dok: Sekretariat Presiden.jpg

KBRN, Trenggalek: Presiden Joko Widodo (Jokowi), meresmikan dua bendungan besar di provinsi Jawa Timur (Jatim), yaitu Bendungan Tugu dan Bendungan Gonseng.

Kedua bendungan tersebut, diresmikan oleh Kepala Negara secara bersamaan, Selasa (30/11/21). 

"Pagi hari ini Alhamdulillah, kita mendapatkan tambahan dua bendungan besar di Provinsi Jawa Timur, yakni Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek," ujar Presiden Jokowi saat peresmian. 

Presiden Jokowi berharap, kedua bendungan tersebut dapat segera dimanfaatkan untuk membantu tahapan produksi dan ketahanan pangan nasional. 

"Keduanya (Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng) telah siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan kita," tambah Presiden Jokowi. 

Bendungan Tugu dibangun oleh pemerintah dengan menelan biaya sebesar Rp 1,69 triliun. Adapun bendungan tersebut berkapasitas tampung sebanyak 12 juta meter kubik dan dapat memberikan manfaat berupa irigasi untuk lahan pertanian seluas 1.250 hektare. 

Sementara itu, Bendungan Gongseng yang berlokasi di Kabupaten Bojonegoro memiliki daya tampung sebanyak 22 juta meter kubik air dan dapat mengairi 6200 hektare lahan pertanian. 

Presiden Jokowi berharap, dengan beroperasinya kedua bendungan tersebut, aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, yang diikuti pula oleh peningkatan produksi dan panen yang berdampak pada peningkatan penghasilan para petani. 

"Kita harapkan, dengan tambahan dua bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," pungkas Presiden Jokowi. 

Dengan peresmian yang dilakukan pada hari ini, maka kedua bendungan resmi beroperasi dan langsung berfungsi mengairi lahan pertanian masyarakat yang ada di Kabupaten Trenggalek dan Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar