FOKUS: #CORONA

Presiden Ajak Masyarakat Gunakan Telemedicine

Presiden Joko Widodo menyebut, masyarakat yang terinfeksi varian Omicron dapat melakukan isolasi mandiri di rumah dan mendapat layanan kesehatan Telemedicine. Hal itu disampaikan Kepala Negara dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (28/01/2022). Foto: Biro Pers Setpres RI

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat tidak panik dalam menghadapi lonjakan gelombang Omicron yang tengah terjadi di Indonesia.

Dalam keterangan pers yang disampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (28/01/2022), Kepala Negara mengatakan, tidak semua yang terinfeksi Covid-19 varian Omicron harus mendapat perawatan di rumah sakit. 

Presiden bahkan mencontohkan, jika ada kalangan masyarakat yang terinfeksi Covid-19 khususnya varian Omicron, dapat melakukan isolasi mandiri di rumah dan mendapat layanan kesehatan melalui aplikasi layanan kesehatan Telemedicine.   

"Ketika hasil tes PCR bapak ibu positif (Covid) tanpa ada gejala, silakan melakukan isolasi mandiri di rumah selama lima hari. Bila ada gejala batuk pilek, atau demam, silakan gunakan aplikasi Telemedicine atau ke puskesmas atau ke dokter terdekat," jelas Presiden, seperti dikutip RRI.co.id. 

Penggunaan Telemedicine menurut Presiden akan mengurangi beban layanan kesehatan di fasilitas-fasilitas kesehatan.

BACA JUGA: Presiden Paparkan Strategi Hadapi Gelombang Omicron

"Dengan demikian, beban fasilitas kesehatan dari puskesmas sampai Rumah Sakit bisa berkurang. Ini penting, agar fasilitas kesehatan kita bisa lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat atau pasien yang lain yang membutuhkan layanan intensif," ungkap Presiden. 

"Tidak semua kasus Covid-19 varian Omicron membutuhkan layanan langsung, karena gejalanya tidak membahayakan," ucap Presiden menambahkan.

Menurutnya, yang terpenting untuk dilakukan yaitu dengan meminimalisir kontak, sehingga mencegah penularan dan penyebarluasan virus.  

"Yang paling penting, meminimalkan kontak. Ini akan mencegah penyebaran lebih luas," imbuhnya.

Lantas Presiden juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk tidak panik dan lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan. 

"Saya minta bapak ibu, saudara-saudara sekalian tetap tenang, tidak panik, laksanakan selalu protokol kesehatan, kurangi aktivitas yang tidak perlu," ujar Presiden.  

Presiden pun mengajak masyarakat untuk lebih melindungi dan menjaga kesehatan diri dengan meningkatkan imunitas, terlebih saat terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Saya mengajak saudara-saudara sekalian, menjaga kesehatan diri masing-masing sebaik-baiknya untuk meningkatkan imunitas," tandasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar