Sukseskan Swasembada Pangan, Tanam Kebutuhan Harian di Pekarangan

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Jenderal (Purn) Moeldoko memberikan sambutan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HKTI 2022, Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara. Foto: (istimewa)

KBRN, Jakarta: Membantu mensukseskan swasembada pangan, pengurus daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) diminta memberdayakan masyarakat memanfaatkan pekarangan untuk menanam kebutuhan sehari-hari. 

"Lombok mahal, masa sih Ketua HKTI di provinsi, kabupaten, enggak bisa ngajak masyarakat untuk menanam lombok di pekarangan, di halaman mereka," ujar Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Jenderal (Purn) Moeldoko dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HKTI 2022, Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Jum'at (1/7/2022). 

Menurutnya, peran petani sangatlah dibutuhkan dalam meningkatkan ekonomi bangsa, di tengah pandemi Covid-19. Sebab, jumlahnya sangatlah besar. 

"76 juta masyarakat Indonesia ada di situ (berprofesi sebagai petani, Red)," ujar Moeldoko yang juga Kepala Staf Presiden (KSP) ini. 

Sementara itu, Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) HKTI Oesman Sapta Oedang (OSO) meminta pengurus di daerah untuk memperhatikan dan memperjuangkan nasib para petani. 

"Tingkatkan peran dan kinerja dalam memperjuangkan kehidupan petani," tegasnya.

Salah satu contohnya, kata OSO, pengurus HKTI harus memperbanyak kegiatan termasuk turun langsung ke desa-desa. "Termasuk meviralkan setiap kisah petani sukses ke media agar bisa dicontoh oleh petani lain di Indonesia," demikian OSO.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar