Gempa Tektonik Getarkan Aceh Barat

Posisi gempa tektonik yang menggetarkan Aceh Barat. (Gambar: BMKG)

KBRN, Banda Aceh: Wilayah Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh digetarkan gempa tektonik dengan magnitudo 4,9. Kejadian ini berlangsung pada Minggu (3/7/2022), sekitar pukul 07.10 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9. Episenter gempabumi terletak di koordinat 4,46° LU ; 96,24° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sungai Mas, Aceh Barat, dengan kedalaman 54 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal karena adanya aktivitas sesar aktif," kata Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin.

Menurutnya, Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser. Gempa ini dirasakan di Aceh Tengah dengan skala intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seperti truk berlalu di daerah Bener Meriah II-III MMI.

Andi juga menjelaskan hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. "Hingga pukul 08.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas satu gempa bumi susulan dengan magnitudo M3,8," ujar Andi.

Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Disarankan pula menghindari bangunan yang retak atau rusak karena gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal tahan gempa. Atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar