Kendala Penerbangan, Pemulangan PMI di Kamboja Bertahap

Direktur Perlindungan WNI dan BHI kementerian Luar Negeri Judha Nugraha. (Foto: ist)

KBRN, Jakarta: Direktur Perlindungan WNI dan BHI kementerian Luar Negeri Judha Nugraha memastikan akan memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) korban penyekapan di Kamboja.

Judha menjelaskan pemulangan PMI tersebut dilakukan secara bertahap. Sebab, pemulangan secara bertahap tersebut karena adanya kendala ketersediaan penerbangan.

"Kita pastikan seluruh PMI dipulangkan ke tanah air secara bertahap karena adanya kendala penerbangan," kata Judha dalam dialog Pro3 RRI, Sabtu (6/8/2022).

Judha melanjutkan, pada Jumat kemarin (5/8/2022), telah berhasil memulangkan 12 PMI. Nantinya, PMI yang sudah tiba di tanah air akan dilakukan rehabilitasi terlebih dahulu di Kementrian Sosial.

"Nanti PMI yang tiba di tanah air sebelum diserahkan ke keluarga akan dilakukan rehabilitasi terlebih dahulu," katanya.

Selain itu, Judha mengatakan, tahap pemulangan WNI korban penyekapan, penipuan dan perdagangan manusia di perusahaan online scammer, Kamboja selanjutnya akan dilakukan pada Sabtu ini (6/8) dan Senin (8/8/2022).

"Tahap selanjutnya kami akan lakukan, insya Allah pada hari ini (Sabtu) dan Senin," ucap Judha.

Diketahui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melaporkan total sebanyak 129 WNI yang menjadi korban penyekapan, penipuan dan perdagangan manusia di perusahaan online scammer, Kamboja telah berhasil diselamatkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar