Naskah Asli Proklamasi dan Bendera Pusaka Kembali Disandingkan

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Sony Kartiko menyandingka Naskah Asli Teks Proklamasi dengan Bendera Pusaka di Istana Merdeka, Selasa (16/8/2021). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

KBRN, Jakarta: Naskah asli teks proklamasi tulisan tangan Soekarno akan kembali bersanding dengan bendera pusaka dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Tercatat ini merupakan tahun ketiga, dua saksi bisu sejarah kemerdekaan Indonesia ini disandingkan.

"Alhamdulillah ruangan di Istana Merdeka telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sementara naskah proklamasi. Ini adalah tahun ketiga Setpres bekerja sama dengan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)" ucap Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko dalam sambutan serah terima naskah antara Setpres dengan ANRI di Gedung ANRI, Selasa (16/8/2022). 

Sony mengatakan, sebelumnya ANRI telah menilai kondisi ruang penyimpanan naskah di Istana Merdeka, mulai suhu ruangan hingga kelembapan. Mengingat naskah asli teks proklamasi tersebut merupakan bukti sejarah perjuangan bangsa yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

Selain itu, Setpres juga telah mengikuti proses penilaian risiko yang dilakukan ANRI secara berkala setiap tahunnya. Sony meyakini naskah asli teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno tersebut dalam kondisi terawat dengan baik. 

"Kami mewakili pimpinan Setpres mengucapkan terima kasih banyak. Atas dukungan dan kerja sama dari ANRI atas terselenggaranya kegiatan ini," ucap Sony.

Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam acara serah terima. "Seperti kita telah lakukan di tahun-tahun sebelumnya ANRI dan Sekretariat Presiden, Sekretariat Negara, bersama-sama menyiapkan upacara penghantaran pusaka bangsa," kata Imam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar