Pemerhati: Tiket Pesawat Turun, Dunia Penerbangan Belum Pulih

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: ( Dok. Antara )

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk turun tangan soal harga tiket pesawat yang mahal. Pemerhati penerbangan Alvin Lie menilai saat ini dunia penerbangan belum pulih. 

Menurut Alvin hal yang paling bisa dilakukan yakni meningkatkan daya beli masyarakat. Apalagi jumlah pesawat penerbangan yang digunakan sebagai transportasi hanya 350 pesawat.

"Jadi bukan hanya tiket orangnya, tapi juga angkutan untuk barang ini. Karena nilainya dampak besar terhadap inflasi," kata Alvin dalam diskusi dengan PRO 3 RRI, Kamis (18/8/2022). 

Alvin mengungkapkan untuk menghidupkan kembali pesawat membutuhkan biaya yang tidak sedikit, belum lagi pelatihan pilot untuk penyegaran. "Itu membutuhkan biaya tidak banyak, butuh ratusan juta," ujarnya. 

Presiden Jokowi meminta Menteri BUMN Erick Thohir agar maskapai Garuda Indonesia segera menambah pesawat. Agar harga tiket pesawat bisa kembali ke harga normal.

Meskipun demikian, Presiden menyadari penambahan pesawat tidak mudah. Mengingat harga avtur internasional atau bahan bakar penerbangan sedang tinggi.

Dia meminta agar jumlah pesawat yang dioperasikan bisa segera ditambah. Berdasarkan data onesolution.pertamina.com, harga avtur hari ini di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) sebesar Rp14.958 per liter.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar