Ketua DPR Dorong Penguatan Perempuan dalam Pengambilan Kebijakan

Ketua DPR RI Puan Maharani saat menyampaikan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).Dokumentasi/Humas DPR RI

KBRN, Jakarta: Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong penguatan partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan kebijakan negara. Dorongan itu disampaikannya dalam Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR-DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). 

Sebab, demokrasi menjamin partisipasi perempuan dalam hak politik dan sosial, budaya dan hak ekonomi bagi perempuan. "Bahkan juga memberikan ruang artikulasi kaum perempuan dalam segala bidang," katanya.

Puan mengatakan, menyertakan perempuan dalam setiap jabatan, harusnya bukan sebagai kebijakan afirmatif. Akan tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan harkat, dan martabat manusia.

Karena, ditekankannya, tidak sedikit perempuan yang memiliki kemampuan untuk itu. "Perempuan Indonesia telah banyak aktif dan mengambil peran yang strategis di segala bidang," ucapnya. 

Ia mengibaratkan laki-laki dan perempuan sebagai dua sayap seekor burung yang saling menguatkan untuk bisa terbang setinggi-tingginya. "Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali," ujarnya. 

Semangat tersebut, imbuhnya, juga harus ditanamkan bersama dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia. "Di mana perempuan dan laki-laki dalam harkat, martabat, kemajuan dan kesejahteraaan yang sama," katanya. 

Terkait itu, lanjut Puan, negara perlu untuk menjamin hak berdemokrasi yang sama bagi semua warga negara. Tidak boleh ada diskriminasi antara laki-laki dsn perempuan. 

"Hak mendapatkan rasa aman sama bagi semua warga bangsa, hak untuk hidup tenteram yang sama bagi semua," katanya. "Inilah tugas kita bersama, untuk membangun peradaban demokrasi yang memuliakan nilai."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar