GP Hungaria: Ocon Juara, Verstappen Gagal Podium

KBRN, Jakarta: Balapan Formula One (F1) GP Hungaria 2021 yang berlangsung di Sirkuit Hungaroring, Minggu (1/8/2021), malam WIB telah rampung digelar. Pembalap Alpine F1 Team, Esteban Ocon berhasil meraih kemenangan pertamanyua usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 4 menit 43.199 detik.

Ocon disusul oleh pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, di posisi kedua dan pembalap Mercedes AMG Pertronas, Lewis Hamilton, di posisi ketiga. Pembalap Ferarri, Carlos Sainz, finis keempat.

Sementara itu, pembalap andalan Red Bull Racing, Max Verstappen, gagal tampil maksimal dan finis di posisi ke-10. Sebab, dia terlibat drama yang terjadi di tikungan pertama.

Kemenangan Ocon sempat diwarnai insiden Valtteri Bottas (Mercedes) yang ‘menyundul’ mobil Lando Norris memberikan efek domino karena terjadi kecelakaan beruntun serta membuat sejumlah pembalap tak bisa melanjutkan balapan di lap awal.

Red flag pun dikibarkan, setelah debris berserakan dan membuat balapan dihentikan sementara waktu agar marshall bisa dengan leluasa membersihkan lintasan. Insiden ini memberikan keuntungan untuk Esteban Ocon yang langsung menempati posisi pertama

Verstappen juga ikut terlibat dalam insiden itu dan langsung terlempar ke posisi ke-13. Bottas, Leclerc, Norris, Perez dan Stroll harus keluar dari balapan karena kerusakan pada mobilnya. Balapan dihentikan sementara waktu selama 15 menit.

Saat balapan akan dimulai lagi, Mercedes melakukan kesalahan dengan tidak menarik Hamilton ke pit-lane, dan menjadi satu-satunya pembalap yang memulai balapan di grid dengan ban Intermediate.

Karena trek yang semakin mengering dan para pembalap sudah berganti ke ban kering, Mercedes langsung menarik Hamilton ke pit untuk berganti menjadi ban kering, membuatnya turun menjadi P14. Setelahnya, balapan didominasi Ocon dan Vettel yang bertarung sengit untuk kemenangan balapan sepanjang 70 lap.

Vettel coba mendahului Ocon pada beberapa kesempatan, namun tidak menemukan celah untuk menyalip. Pit-stop yang lambat juga menunda asanya untuk meraih kemenangan pertamanya sejak GP Singapura 2019, atau yang pertama bagi Aston Martin.

Ocon pada akhirnya dapat menahan Vettel sampai bendera finis dikibarkan, meraih kemenangan pertamanya di depan Vettel. Sementara Hamilton menampilkan performa luar biasa untuk bangkit dan meraih podium ketiga untuk merebut pimpinan klasemen dari Verstappen.

Hamilton mengungguli Carlos Sainz untuk finis P3 saat balapan menyisakan tiga lap lagi, namun ia kehabisan banyak waktu setelah tertahan oleh Fernando Alonso yang menampilkan teknik bertahan brilian, membuktikan bahwa dirinya masih bisa bertarung di usia ke-40 tahun.

Pada akhirnya, Hamilton dapat melewati Alonso ketika ia mengalami lock-up di Tikungan 1, dan Hamilton mengambil keuntungan dari situ. Namun ia pada akhirnya harus puas finis ketiga dengan selisih 1,8 detik dari kemenangan.

Verstappen yang mengalami kerusakan pada sebagian besar mobilnya, menyudahi balapan di posisi ke-10, sebuah hasil mengecewakan di mana ia dan Red Bull kehilangan puncak klasemen konstruktor dan pembalap memasuki liburan musim panas.

Setelah ini, Formula 1 akan libur selama empat pekan sebelum kembali mengaspal pada 29 Agustus di Sirkuit Spa-Francoschamps untuk Grand Prix Belgia.

Hasil balapan F1 GP Hungaria 2021:

1 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team 70 Laps

2 Sebastian Vettel GER Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1.859s

3 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 2.736s

4 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow + 15.018s

5 Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team + 15.651s

6 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda + 63.614s

7 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 75.803s

8 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 77.910s

9 George Russell GBR Williams Racing + 79.094s

10 Max Verstappen NED Red Bull Racing + 80.244s

11 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

12 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 1 Lap

13 Mick Schumacher GER Uralkali Haas F1 Team + 1 Lap

14 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

DNF Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow DNF

DNF Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team DNF

DNF Lando Norris GBR McLaren F1 Team DNF

DNF Lance Stroll CAN Aston Martin Cognizant Formula One Team DNF

DNF Sergio Perez MEX Red Bull Racing DNF

DNF Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Team DNF

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00