Tundukkan PSG, Lille Juara Piala Super Prancis

KBRN, Jakarta: Juara bertahan League 1 Prancis, LOSC Lille berhasil menjadi juara baru di ajang Piala Super Prancis usai berhasil mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor tipis 1-0 di Bloomfield Stadium, Tel Aviv, Israel, Senin (2/8/2021) dini hari WIB.

Piala Super Prancis atau Trophee des Champions adalah pertandingan pramusim yang mempertemukan juara Ligue 1 dan juara Piala Prancis atau yang juga disebut Coupe de France. Laga ini adalah laga pramusim terakhir jelang musim anyar Ligue 1 2021/22 resmi digulirkan, baik untuk Lille maupun untuk PSG.

Seperti yang diketahui, Lille sukses memberikan kejutan dengan berhasil menjuarai Liga Prancis 2020-2021. Karena prestasinya itu, klub tersebut berhak bermain di Piala Super Prancis dan kebetulan bertemu PSG yang merupakan pemenang Coupe de France pada musim 2020-2021 kemarin.

Tentunya bagi PSG, laga melawan Lille menjadi sebuah ajang balas dendam karena gara-gara tim tersebut, Les Parisiens kehilangan trofi Liga Prancis. Namun, bukannya mengalahkan Lille untuk bisa membalaskan dendam, PSG justru takluk di laga penting tersebut.

PSG yang bermain tanpa sejumlah pemain bintangnya seperti Kylian Mbappe, Marco Verratti, dan Neymar Jr itu tampak kesulitan untuk bisa menghadapi Lille. Tak ayal, PSG yang hanya mengandalkan Mauro Icardi, Julian Draxler, dan Arnaud Kalimuendo di lini depan tak bisa berbuat banyak.

Lille yang berstatus sebagai juara Ligue 1 2020/21 berhasil memberikan ancaman serius kepada Keylor Navas di bawah mistar PSG sejak menit pertama digulirkan. Sayang usaha Burak Yilmaz dkk belum menemui sasaran hingga pertandingan berjalan selama 22 menit lamanya.

Di sisi lain, PSG tampil lebih mendominasi lewat skema ball possession. Namun anak asuh Mauricio Pochettino masih gagal memberikan ancaman serius ke gawang Lille di 22 menit awal pertandingan.

Alih-alih mencetak gol, PSG yang mendominasi penguasaan bola harus gigit jari setelah Lille berhasil mencuri angka jelang babak pertama berakhir. Memanfaatkan umpan Yilmaz, Xeka berhasil mengoyak gawang PSG diantisipasi oleh Navas yang bertugas di bawah mistar.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 masih bertahan untuk Lille, sang juara bertahan Ligue 1. Gol Xeka (45’) membuat PSG harus berusaha ekstra keras untuk bisa meraih kemenangan di ajang Piala Super Prancis ini.

Mencoba bangkit di babak kedua, pelatih PSG, Mauricio Pochettino mencoba untuk melakukan sejumlah pergantian. Pada kesempatan itu, pemain anyar mereka, Giorginio Wijnaldum pun dipercaya bermain.

PSG bermain makin ngotot di babak kedua. Pemegang gelar terbanyak Piala Super Prancis dengan 10 trofi ini seakan tak terima jika mereka harus menyerahkan trofi tersebut kepada Lille.

Di sisi lain, Les Dogues berhasrat untuk pecah telur dan memenangkan trofi Piala Super Prancis untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Hingga menit ke-67, usaha PSG untuk menjebol pertahanan rapat Lille belum membuahkan hasil. Penguasaan bola sebesar 71 persen yang mereka miliki pun terasa percuma. Mauro Icardi sempat membuat para pendukung PSG bersorak di menit ke-74. Namun sayang, gol Icardi dianulir karena dirinya terbukti offside.

Di sisa waktu babak kedua, PSG sebenarnya menguasai jalannya pertandingan dengan memiliki penguasan bola mencapai lebih dari 70%. Namun, pertahanan Lille yang amat kukuh memuat PSG tak bisa mencetak gol.

Hingga peluit babak kedua dibunyikan, skor 1-0 untuk Lille masih terus bertahan. Tendangan geledek Xeka (45’) di babak pertama gagal dibalas oleh PSG hingga pertandingan selesai dilangsungkan.

Kemenangan ini adalah sejarah baru bagi Lille. Ini adalah trofi Piala Super Prancis pertama Lille sepanjang sejarah. Sementara bagi PSG, kekalahan atas Lille ini membuat dominasi mereka di Piala Super Prancis sejak tahun 2013 silam gagal berlanjut.

Daftar Susunan Pemain:

Lille (4-4-2): Leonardo; Mandava, Botman, Fonte, Djalo; Bamba, Xeka, Andre, Araujo; Burak Yilmaz, Jonathan David.

PSG (4-3-3): Navas; Hakimi, Kehrer, Kimpembe, Diallo; Herrera, Danilo, Junior Dina Ebimbe; Draxler, Icardi, Arnaud Kalimuendo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00