Pelanggaran Bahan Bakar, Vettel Didiskualifikasi dari GP-Hongaria

KBRN, Jakarta: Kabar mengejutkan datang dari gelaran F1 GP Hungaria 2021, pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel telah didiskualifikasi dari hasil balapan tersebut karena gagal memberikan sampel bahan bakar yang cukup setelah balapan.

Mengutip dari laman resmi Foemula 1, Senin (2/8/2021), dalam regulasi F1, tiap-tiap pembalap harus memastikan bahwa sampel 1,0 liter bahan bakar dapat dikeluarkan dari mobil mereka kapan saja selama acara berlangsung.

Namun, Sebastian Vettel didiskualifikasi oleh delegasi teknis F1 FIA Jo Bauer karena hanya memberikan sampel 0,3 liter dari Aston Martin milik pembalap Jerman itu.

“Para Steward sudah mendengar dari perwakilan tim. Setelah balapan, ternyata tidak bisa mengambil sampel 1,0 liter bahan bakar dari mobil 5 (milik Vettel). Tim diberi beberapa kesempatan untuk mencoba mengeluarkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan dari tangki, namun hanya mereka hanya bisa mengoleksi 0,3 liter bahan bakar,” bunyi pernyataan pihak F1 yang dikutip dari laman resmi mereka (2/8/2021).

“Saat audiensi di hadapan Technical Delegate FIA dan Technical Director FIA, Prinsipal Aston Martin menyatakan bahwa ada sisa 1,44 liter di tangki, tetapi mereka tidak bisa mengeluarkannya. Angka ini sudah dihitung. menggunakan model FFM atau injector,” lanjut keterangan F1.

"Mengingat situasi ini, mobil No. 5 tidak memenuhi persyaratan Pasal 6.6 Peraturan Teknis FIA. Menurut Pasal 6.6.2, pembalap harus memastikan bahwa sampel bahan bakar 1,0 liter dapat diambil dari mobil setiap saat. Prosedur telah dilakukan, namun sampel 1,0 liter bahan bakar tidak dapat diambil (dari mobil Vettel,” tambah pernyataan Steward.

"Para Steward memutuskan untuk menerapkan hukuman standar untuk pelanggaran teknis. Pembalap diingatkan bahwa mereka memiliki hak untuk mengajukan banding atas keputusan Steward tersebut, sesuai dengan Pasal 15 Kode Olahraga Internasional FIA dan Pasal 10.1.1 Peraturan Peradilan dan Disiplin FIA, dalam batas waktu yang berlaku,” imbuh pihak F1 tersebut.

Alhasil, Vettel didiskualifikadi dari balapan hari Minggu, dan kehilangan podium keduanya bersama Aston Martin. Juara dunia empat kali itu nyaris meraih kemenangan pertamanya dalam dua tahun dari Esteban Ocon, yang mengklaim kemenangan perdana yang mengejutkan bagi Alpine.

Diskualifikasi Vettel memiliki dampak besar pada klasifikasi akhir dari GP Hungaria, dengan pemimpin kejuaraan dunia Lewis Hamilton naik ke posisi kedua. Carlos Sainz sekarang melengkapi podium ketiga untuk Ferrari, sementara setiap pembalap lainnya naik satu posisi.

Secara signifikan, Max Verstappen dari Red Bull memperoleh poin tambahan untuk naik ke urutan kesembilan, sementara Kimi Raikkonen telah dipromosikan ke 10 besar untuk Alfa Romeo.

Hasil ini juga mengubah kondisi pertarungan titel, dengan Hamilton kini memegang keunggulan delapan poin atas Verstappen memasuki libur musim panas Formula 1.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00