Perbasi Gelar Program Bola Basket Indonesia Bergerak

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Wakil Ketua Umum (Waketum) Perbasi bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres), George Fernando Dendeng, dan Francis Wanandi, Wakil Ketua Umum Bidang Marketing, Promosi dan Komuniasi  PP Perbasi, dalam Rapat Pleno 2021 sekaligus HUT ke-70 Perbasi yang berlangsung di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Jawa Barat, 22-24 Oktober 2021. (Adi Wiyono/RRI)

KBRN, Cisarua: Kompetisi dengan sistem desentralisasi menjadi salah satu program yang ditetapkan PP Perbasi dalam Rapat Pleno 2021 sekaligus HUT ke-70 Perbasi yang berlangsung di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Jawa Barat, 22-24 Oktober 2021.

Salah satu yang ditetapkan Perbasi adalah mengadakan kompetisi lokal di 80 kota di Indonesia mulai 2022 mendatang.

Selain untuk program desentralisasi, kompetisi ini bertujuan menambah animo masyarakat dan menyebabkan "deman" Piala Dunia FIBA 2023, dengan menempatkan Indonesia sebagai tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Perbasi bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres), George Fernando Dendeng, mengatakan kompetisi ini bakal menggelorakan semangat masyarakat.

Untuk 80 kota/kabupaten tersebut, Perbasi memberikan kesempatan Pengurus Provinsi (Pengprov) di seluruh Indonesia melakukan pengajuan.

Kota dengan pemain potensial terbanyaklah yang akan dipilih oleh Perbasi untuk menggelar kompetisi tersebut.

"Selain menggelorakan Piala Dunia FIBA 2023, kami juga ingin mencari bibit pemain masa depan Timnas Basket Indonesia," ucap George kepada RRI.co.id di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (23/10/2021).

Soal kompetisi yang akan dipertandingkan, George mengatakan, setiap daerah berpotensi menggelar kelompok umur yang berbeda-beda.

Pemotongan Tumpeng dalam Acara HUT ke-70 Perbasi yang berlangsung di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Jawa Barat (Adi Wiyono/RRI)

"Setiap daerah berpotensi memiliki kompetisi di daerah seperti ini, bahkan sampai Papua dan program ini akan dikuatkan dengan data base secara nasional sehingga PP Perbasi memikili inventaris pemain muda usia hingga pelatih," ucap George.

Adapun peserta kompetisi di 80 kota ini diikuti oleh klub-klub amatir setempat.

Perbasi menegaskan bahwa minimal harus ada 10 klub per kota/kabupaten.

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih menambahkan, bahwa kompetisi tingkat kabupaten/kota itu harus berjalan selama tiga bulan penuh, dengan asumsi pertandingan berlangsung di tiga hari akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Kompetisi itu harus tiga bulan, kalau tidak kami tidak support dana," katanya.

"Pertandingan Jumat, Sabtu dan Minggu saja, dengan begitu akan meringankan beban pembiayaan. Kalau cuma satu bulan kami tidak akan masukkan dalam program kami," ujar Danny melengkapi.

Perbasi akan mematangkan lebih lanjut persiapan teknis maupun kabupaten/kota yang siap untuk menjadi lokasi-lokasi kompetisi bagian Basket Indonesia Bergerak tersebut.

Induk olahraga basket Indonesia itu juga memastikan Basket Indonesia Bergerak akan disasar untuk meningkatkan jumlah kompetisi tingkat kabupaten/kota terutama di luar Jawa.

Rangkaian HUT ke-70 Perbasi

Dalam Rapat Pleno PP Perbasi khusus membahas rangkaian HUT ke-70 Perbasi telah disepakati program yang menjadi rangkaian hari jadi organisasi bola basket nasional itu tahun ini.

“Puncaknya malam ini di Robinson Cisarua Resort, Bogor kami menggelar Gala Dinner sebagai ajang silaturahmi seluruh pengurus PP Perbasi termasuk teman-teman media,“ jelas Francis Wanandi, Wakil Ketua Umum Bidang Marketing, Promosi dan Komuniasi  PP Perbasi.

Selain Gala Dinner, rangkaian HUT Perbasi ke-70 menjadi momentum program kedepan, rangkaian acara peluncuran logo dan label basketball Indonesia, pemberian penghargaan terhadap tokoh bola basket Nasional termasuk launching sosmed PP Perbasi  bersifat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mem-follow.

“Semua rangkaian acara itu rencananya akan digelar di Senayan City awal bulan depan,” tutup Francis Wanandi. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00