Ikuti Piala Asia, Garuda Pertiwi Bertolak ke India

KBRN, Jakarta: Tim Nasional (Timnas) sepakbola putri Indonesia telah bertolak ke India untuk mengikuti Piala Asia Putri 2022.

Sebelum keberangkatan, pasukan Garuda Pertiwi dilepas secara resmi dalam upacara pelepasan yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan, yang berlangsung di Hotel Kimaya, Slipi, Jakarta Barat, pada Minggu (16/1/2022) malam.

“Hari ini saya berangkatkan Timnas Putri ke Piala AFC 2022 di India. Seperti saya sampaikan, saya berikan dorongan semangat dan support ke mereka,” ucap Mochamad Iriawan kepada media usai melepas Timnas Putri secara resmi.

Berangkat dengan materi 23 pemain pilihan, Timnas Putri tergabung di Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina. Iriawan pun berharap Zahra dan kawan-kawan akan menampilkan kemampuan terbaik mereka meski masuk di grup yang menurutnya cukup berat.

“Harpan dari saya selaku ketua federasi, ingin mereka tampilkan terbaik di ajang itu. Grup ini (Grup B, red) cukup kuat, ada Australia, Thailand dan Filipina. Tapi tidak ada yang tidak mungkin di sepakbola,” tutur Iriawan saat menyampaikan harapan dan dukungannya bagi Garuda Pertiwi.

Terkait target, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengaku tak memasang target spesifik. Ia hanya menginginkan hasil terbaik yang dapat dipersembangkan oleh Garuda Pertiwi.

“Targetnya yang terbaik saja karena kita tau tim kita tergabung bersama tim-tim kuat. Kita liat perkembangan yang Coach Rudy berikan bersama tim. Kita ingin bisa lolos (fase grup) jadi tidak ada yang tidak mungkin,” sambung mantan Sekertaris Umum Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) tersebut.

Iriawan pun berpesan agar para pemain selama berada di India tetap disiplin dan taat pada aturan yang berlaku agar nantinya tidak menimbulkan masalah yang mungkin akan merugikan tim.

“Ikuti aturan di sana. Kalian 23 orang yang berangkat harus bertekad berikan yang terbaik di negara orang sehingga bisa membanggakan negara,” harap Iriawan.

Piala Asia Putri 2022 akan berlangsung di Indsia pada 20 Januari-6 Februari 2022. Ada 12 negara yang terlibat dalam turnamen tahun ini yang terbagi ke dalam tiga grup. Indonesia sendiri berada di Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina.

Dijadwalkan, Timnas Putri Indonesia akan tiba di Mumbai India pada Senin (17/1/2022) pada pagi hari. Setelahnya seluruh tim dan official akan menjalani satu hari masa karantina. Setelahnya pada Kamis (21/1/2022) Garuda Pertiwi akan melakoni laga perdana melawan Timnas Australia.

Berikut daftar 23 nama pemain Timnas Putri Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia Putri 2022:

1. Ade Mustikiana Oktafiani (Asprov Bangka Belitung)

2. Baiq Amiatun Shalihah (Asprov Nusa Tenggara Barat)

3. Carla Bio Pattinasarany (Asprov DKI Jakarta)

4. Diah Tri Lestari (Asprov Jawa Barat)

5. Fani (Asprov Jawa Tengah)

6. Helsya Maeisyaroh (Asprov Jawa Barat)

7. Insyafadya Salsabillah (Asprov Jawa Timur)

8. Marsela Yuliana Awi (Asprov Papua)

9. Maulina Novryliani (Asprov Banten)

10. Nurhalimah (Asprov Jawa Barat)

11. Octavianti Dwi Nurmalita (Asprov DI Yogyakarta)

12. Pani Tri Oktavianti (Asprov Jawa Barat)

13. Rani Mulya Sari (Persiba Balikpapan)

14. Reva Octaviani (Asprov Jawa Barat)

15. Riska Aprilia (PSS Sleman)

16. Remini Chere Rumbewas (Asprov Papua)

17. Rosdilah Siti Nurrohmah (Asprov Jawa Barat)

18. Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo (Arema FC)

19. Shalika Aurelia Viandrisa (Asprov DKI Jakarta)

20. Tia Darti Septiawati (Asprov Jawa Barat)

21. Viny Silfianus Sunaryo (Asprov DKI Jakarta)

22. Vivi Oktavia Riski (Asprov Bangka Belitung)

23. Zahra Muzdalifah (Asprov Banten)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar