Legenda Real Madrid Paco Gento Tutup Usia

Pemain Real Madrid dengan penghargaan terbanyak sepanjang masa, Francisco "Paco" Gento, meninggal dunia di usia 88 tahun. Gento menghabiskan 18 tahun sebagai pemain Real Madrid antara tahun 1953 hingga 1971. Dirinya dikenal luas sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah bermain untuk Los Blancos. (Dok. Istimewa)

KBRN, Jakarta: Pemain Real Madrid dengan penghargaan terbanyak sepanjang masa, Francisco 'Paco' Gento, meninggal dunia di usia 88 tahun.

Gento menghabiskan 18 tahun sebagai pemain Real Madrid antara tahun 1953 hingga 1971.

Dirinya dikenal luas sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah bermain untuk Los Blancos.

Sang Legenda membantu Madrid menggapai era keemasan di jamannya, bersama pemain legendaris Madrid lainnya, seperti Alfredo Di Stefano dan Ferenc Puskas, hingga memenangkan lima edisi pertama Piala Eropa.

Gento masih di klub ketika Madrid berada di puncak sepakbola Eropa pada tahun 1966, dan saat itu Gento menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan trofi pada enam kesempatan berbeda.

Mantan pemain sayap kiri itu juga memenangkan rekor 12 gelar La Liga bersama Madrid, dan rekor 24 trofi untuk klub.

Rekor itu hanya bisa disamai pada akhir pekan ketika Marcelo membantu mereka meraih gelar Piala Super Spanyol.

"Real Madrid CF, Presiden, dan Dewan Direksi, sangat menyesali kematian Francisco Gento, Presiden Kehormatan Real Madrid dan salah satu legenda terbesar klub kami dan sepak bola dunia," tulis pernyataan di situs resmi klub seperti dikutip RRI.co.id, Selasa (18/1/2022).

"Real Madrid ingin menyampaikan belasungkawa dan cinta dan kasih sayang kepada istrinya, Mari Luz, putranya, Francisco dan Julio, cucunya, Aitana dan Candela, serta semua kerabat, kolega, maupun orang yang dicintainya. Sosok Paco Gento dengan setia mewakili semua nilai-nilai Real Madrid, dan telah serta akan terus menjadi tolak ukur bagi Real Madrid dan dunia olahraga. Penggemar Madrid dan semua penggemar sepak bola akan selalu mengingatnya sebagai salah satu legenda hebat," lanjut keterangan tersebut.

Selain memegang rekor gelar La Liga dan Piala Eropa terbanyak dalam sejarah, Paco Gento juga tampil dalam rekor bersama delapan kali di final Piala Eropa.

Secara total, ia bermain 600 kali untuk Real Madrid, menempatkannya di urutan keenam dalam daftar sepanjang masa, dan berhasil mencetak 182 gol untuk klub.

Gento dianggap sebagai salah satu pemain sayap terhebat sepanjang masa.

Gento juga mencatatkan 43 caps untuk Spanyol antara tahun 1955 dan 1969, dengan mencetak lima gol.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar