Dikalahkan Thailand, Mental Masih Jadi 'PR' Garuda Pertiwi

KBRN, Jakarta: Tim Nasional Sepakbola Putri Indonesia kembali harus menelan kekalahan setelah takluk 0-4 dari Thailand di pertandingan kedua fase Grup B Piala Asia Wanita 2022 yang berlangsung pada Senin (24/1/2022) malam di Stadion D. Y. Patil, Mumbai, India.

Empat gol Thailand datang dari hattrick Kanyanat Chetthabut di menit ke 27, 36, dan 71. Kemudian disempurnakan dengan satu sumbangan gol milik Irravadee Markis di menit ke 76.

Pelatih kepala Timnas Pertiwi, Rudy Eka Priyambada dalam keterangannya usai pertandingan, menyebut mental bertanding masih menjadi permasalahan yang harus diselesaikan oleh timnya, di mana kurangnya pengalaman bertanding dianggap menjadi salah satu penyebabnya.

“Pertama0tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain yang telah bekerja keras. Tetapi, permasalahannya saya pikir adalah mental, karena kami tidak memiliki kesempatan untuk berpartisipasi pada pertandingan internasional besar seperti ini (Piala Asia Wanita, red),” ujar Rudy Eka Priyambada dalam keterangannya kepada media secara virtual usai pertandingan.

Ia menambahkan, meski kembali harus menerima kekalahan, namun dari pertandingan ini anak asuhnya dapat belajar banyak hal, terutama bagi para pemain mudanya yang masih minim pengalaman.

“Saya pikir kami belajar banyak dari oertandinga kedua ini. Pada pertandingan pertama kami kalah besar dari Australia, dan sekarang kami juga kalah 0-4 dari Thailand. Ketika melihat kembali pertandingan ini, para pemain muda kesulitan mendapatkan bola. Kami memperoleh bola hanya ketika kami saling percaya untuk mengumpan bola,” lanjut Rudy.

Melalui pertandingan ini, Rudy mengaku bahwa anak asuhnya perlu lebih banyak pertandingan untuk mengasah kemampuan dan menambah jam terbang di lapangan.

“Jadi permasalahannya adalah, dari pertandingan ini kami belajar bahwa kami butuh lebih banyak pertandingan untuk dapat mengembangkan diri,” tutur dia.

Sebelumnya pada laga perdana, Indonesia juga menelan kekalahan besar dari Australia yaitu 0-18.

Selain pertemuan antara Inbdonesia dan Thailand, sebelumnya dari dari Mumbai Football Arena Australia kembali mencatatkan kemenangan keduanya, setelah menaklukkan Filipina 4-0.

Berdasarkan hasil pertandingan ini, maka Australia masih kokoh di puncak klasemen sementara Grup B dengan 6 poin, sekaligus memastikan langkah mereka lolos fase grup. Menyusul di tempat kedua Thailand dengan 3 poin, menggeser Filipina di posisi ketiga dengan poin yang sama. Sementara Indonesia menghuni dasar kalsemen tanpa poin.

Berikutnya, Indonesia masih memiliki satu laga tersisa untuk pertemuan dengan Filipina di fase grup, yang akan dimainkan pada Kamis (27/1/2022) di Stadion Shree Shiv Chhatrapati Sport Complex (Pune).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar