Hadapi Timor Leste, Indonesia Dipastikan Tampil Ngotot

Tim Nasional Sepakbola Indonesia dipastikanakan akan memberi perlawanan keras saat menjamu Timor Leste pada laga uji coba internasional atau international friendly match yang akan berlangung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Kamis (27/1/2022). Hal ini disampaikan Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong, dalam keterangan resminya kepada media di Bali. (Foto: Dok. PSSI)

KBRN, Jakarta: Tim Nasional Sepakbola Indonesia dipastikanakan akan memberi perlawanan keras saat menjamu Timor Leste pada laga uji coba internasional atau international friendly match yang akan berlangung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Kamis (27/1/2022).

Hal ini disampaikan Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong, dalam keterangan resminya kepada media di Bali.

“Jujur saya belum pernah menonton langsung pertandingan Timor Leste, saya hanya pernah menyaksikan saat pertandingan mereka di AFF Suzuki Cup kemarin. Tetapi para pemainnya memang lebih baik dari yang saya pikirkan. Mulai dari passing, pergerakan pemain, dan mobilitas mereka juga sangat baik,” terang Shin Tae-yong dalam konferensi pers yang berlangsung di Bali, seperti dikutip RRI.co.id, Rabu (26/1/2022).

Meski Timor Leste memiliki perkembangan yang signifikan, namun Shin meyakini anak asuhnya juga tidak akan mudah menyerah.

Menurutnya, Skuad Garuda pasti akan berjuang habis – habisan saat berhadapan dengan “saudara muda” mereka.

“Tapi kami pun tidak akan lengah untuk ini (menghadapi Timor Leste). Kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk memberi permainan yang diinginkan,” ungkap Shin.

Melalui kesempatan yang sama, kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas, mengungkapkan, kematangan mental tim akan memainkan peran penting saat berjumpa Timor Leste nanti.

Pemain yang telah 106 kali membela Merah Putih ini menilai, Timor Leste tidak dapat dianggap remeh.

Untuk itu Skuad Garuda, wajib tampil ngotot.

“Memang saya melihat sepakbola di Asia Tenggara ini semakin berkembang, termasuk Timor Leste. Saya pikir yang membuat kita dapat mengalahkan Timor Leste adalah diri kita sendiri. Ketika kita meremehkan Timor Leste, ketika kita kalah semangat dengan Timor Leste, itu yang membuat kita bisa kalah dari mereka. Karena kita tahu, semua pemain Timor Leste pasti selalu dua kali lipat lebih semangat dari kita,” tutur Evan.

Untuk itu Evan berharap, ia dan rekan setimnya akan tampil maksimal dengan tidak meremehkan lawan.

“Jadi saya berharap di pertandingan besok, termasuk saya dan teman – teman jangan sampai meremehkan dan kalah semangat. Karena kalau kita kalah semangat pasti kita akan sulit mengalahkan Timor Leste,” harap Evan.

Secara statistik, Indonesia dan Timor Leste telah bertemu empat kali di semua ajang.

Uniknya, semua pertemuan ini terjadi di bulan November dalam tahun berbeda.

Dimana Indonesia memiliki rekor manis dengan selalu menang atas tim yang berjuluk The Rising Sun ini.

Pertemuan pertama pertama kedua tim terjadi pada 21 november 2010 dimana Pasukan Garuda “membantai” The Rising Star dengan skor telak 6 – 0 pada laga uji coba.

Berikutnya, Indonesia kembali mengalahkan Timor Leste dengan skor tipis 1 – 0 pada pertandingan uji coba yang tercatat pada 12 november 2012.

Dua tahun berselang pada partai uji coba ketiga, Pasukan Garuda kembali tundukkan Timor Leste dengan skor 4 – 0.

Terakhir pada 13 November 2018, Indonesia kembali mengalahkan “saudara muda” dengan skor 3 – 1 pada fase penyisihan grup di piala AFF.

Dimana saat itu, Indonesia dan Timor Leste tergabung di grup B bersama Thailand, Filipina dan Singapura. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar