Kualifikasi Piala Dunia: Jepang Taklukkan China 2-0

Penyerang Timnas Jepang, Takumi Minamino menggiring bola melewati pemain Timnas China Yu Niang Zhang. (Foto: Twitter AFC Asian Cup)

KBRN, Jakarta: Jepang berhasil meraih kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0 saat menjamu China dalam pertandingan lanjutan Grup B putaran ketiga kualifikasi Piala Dun 2022 zona Asia di Saitama Stadium 2002, Kamis (27/1/2022).

Tampil dominan, Jepang unggul sejak babak pertama lewat gol Yuya Osako (10'). Tuan rumah menambah keunggulan mereka lewat tandukan keras Junya Ito di babak kedua.

Selepas kick off, Jepang langsung tampil dengan determinasi tinggi. Sementara itu, China yang terus dikurung terpaksa bermain defensi sambil sesekali mencoba melakukan serangan balik. 

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Jepang sudah memperoleh peluang emas. Akan tetapi, tembakan Hiroki Sakai usai menerima umpan Hidemasa Hirota masih melenceng tipis ke sebelah kiri gawang China.

Pada menit ke-11, petaka menimpa China saat tangan Wang Shenchao menyentuh bola di kotak penalti. Alhasil, wasit menghadiahi sepakan 12 pas bagi Jepang. Yuya Osako yang bertindak sebagai algojo sukses membuat skor menjadi 1-0 pada menit ke-13.

Keunggulan satu membuat Jepang semakin trengginas dalam melancarkan serangan ke area pertahanan China. Namun, setiap peluang yang mereka ciptakan dari permainan terbuka selalu gagal berbuah menjadi gol tambahan. 

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda turun minum, tidak ada lagi gol tambahan yang terjadi. Jepang mampu mengamankan keunggulan 1-0 atas China.

Tak puas hanya unggul 1-0, Jepang terus tampil menekan setelah turun minum. Namun, penjaga gawang China, Jan Yunling yang tampil imrpesif membuat lini depan Jepang frustrasi.

Pada menit 62, Jepang akhirnya berhasil menggandakan keunggulan. Umpan silang Yuta Nakayama berhasil ditanduk dengan manis oleh Junya Ito, Jepang pun tampil tanpa beban di sisa laga.

China sempat mendapat kesempatan untuk memperkecil kedudukan pada menit 69. Sayangnya, eksekusi tendangan bebas Wei Shihao masih melayang di atas mistar gawang Jepang.

Dalam waktu yang tersisa, Jepang tetap ngotot membangun serangan. Namun, hingga laga berakhir, tidak ada lagi gol yang terjadi. Jepang sukses mengunci kemenangan 2-0 atas China.

Berkat kemenangan ini, Takumi Minamino dan kolega menghuni posisi runner-up klasemen sementara Grup B dengan koleksi 15 poin, hanya terpaut jarak satu poin dari Arab Saudi yang di laga lain akan menghadapi Oman, sedangkan China mendekam di posisi kelima klasemen dengan perolehan lima poin.

Susunan Pemain:

Jepang (4-3-3): Shuichi Gonda; Kou Itakura, Shogo Taniguchi, Hiroki Sakai, Yuto Nagatomo, Ao Tanaka, Takumi Minamino, Hidemasa Morita, Wataru Endo, Junya Ito, Yuya Osako

Pelatih: Hajime Moriyasu

China (4-2-3-1): Yan Junling, Zhu Chenjie, Zheng, Tyias Browning, Zhang Linpeng, Hao Junmin, Wang Shenchao, Wu Xi, Xu Xin, Wu Lei, Yu Niang Zhang

Pelatih: Li Xiaopeng.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar