Tekanan Tuan Rumah, Indonesia Diminta Tetap Fokus

Pemain tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung saat berlatih di Bac Giang Gymnasium beberapa waktu lalu. Gregoroa akan menghadapi pebulutangkis Vietnam Nguyen Thuy Linh, Selasa (17/5/2022) dibabak semifinal beregu putri. (Foto/Istimewah/PBSI)

KBRN, Jakarta: Dukungan tuan rumah Vietnam bakal menjadi hambatan bagi tim putri Indonesia menghadapi Vietnam di laga semi final SEA Games XXXI, Hanoi, Vietnam 2021.

Pemain diminta tetap fokus meski tekanan penonton tentunya akan sangat terasa di Bac Giang Gymnasium, Selasa (17/5/2022).

"Saya harap para pemain putri ini tetap fokus dan tidak terpengaruh dengan penonton tuan rumah. Memang berisik tapi mereka harus bisa atasi," ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, Senin (16/5/2022). 

Seperti diketahui, Bac Giang Gymnasium ternyata sangat bising kala Vietnam berlaga. Sorak-sorai penonton, suara terompet hingga tabuhan genderang silih berganti memekakkan telinga.

Bila dibandingkan, Bac Giang Gymnasium setara dengan Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta kala menggelar turnamen bulutangkis Indonesia Terbuka.

Selain tekanan publik tuan rumah, pemain-pemain Vietnam juga perlu mendapat perhatian khusus. Dua tunggal mereka adalah pemain yang sangat berpengalaman, Nguyen Thuy Linh dan Vu Thi Trang.

"Pemain kita juga harus mewaspadai pemain-pemain Vietnam. Dua tunggal putri mereka sangat berpengalaman walau sudah tidak banyak ikut bertanding. Tapi saya yakin, dengan motivasi tinggi dan tampil tanpa rasa takut, tim putri kita bisa memenangkan pertandingan," tambahnya.

Putri Kusuma Wardani yang dipercaya turun di tunggal kedua mengaku ada rasa tegang. Namun dia berjanji akan mempersiapkan mental bertanding dengan baik.

Lawan Putri adalah pebulutangkis senior Vu Thi Trang. Lawan itu memiliki banyak pengalaman dan akan mendapatkan dukungan penuh.

"Saya agak tegang menanti pertandingan besok tapi karena Persiapannya sudah cukup jadi saya siap untuk main. tinggal mental dan pikirannya saja disiapkan lagi. Besok saya harus main nothing to lose, tidak berpikir menang atau kalah, tapi berusaha main dengan maksimal," katanya.

Senada dengan Putri, Ribka Sugiarto yang akan berpasangan dengan Febby Valencia Dwijayanti Gani juga mengaku sudah siap bertanding. Debutan ini ingin menyumbang poin untuk Indonesia.

"Ya pastinya mau menampilkan yang terbaik dan mau menyumbang poin setiap diturunkan. Pastinya sudah siap karena saya dan Febby kan juga sudah sering latihan bareng dan kebetulan dia sahabat saya jadi komunikasinya lebih gampang. Berusaha untuk bermain yang terbaik, urusan hasil menang kalah sudah ada yang mengatur. Yang penting mau fokus satu-satu dan kerja keras," pungkas Ribka.

Babak semi final beregu putri dihelat Selasa (17/5) mulai pukul 09.00 WIB.

Berikut line up Indonesia vs Vietnam

Tunggal 1: Gregoria Mariska Tunjung vs Nguyen Thuy Linh

Ganda 1: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Pham Thi Khanh/Than Van Anh

Tunggal 2: Putri Kusuma Wardani/Vu Thi Trang (B)

Ganda 2: Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani vs Do Thi Hoai/Pham Nhu Thao

Tunggal 3: Stephanie Widjaja vs Vu Thi Anh Thu

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar