Emilia Raih Perak di SEA Games Vietnam

Pelari Emilia Nova (tengah) berlari memasuki garis finis pada nomor 100 meter lari gawang putri SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (16/5/2022). Emilia Nova meraih medali perak setelah finis kedua dengan catatan waktu 13,69 detik. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

KBRN, Hanoi: Pelari Indonesia Emilia Nova berhasil meraih medali perak pada nomor Women’s 100 m lari gawang pada babak final yang berlangsung di Hanoi National Sports Complex, My Dinh, Hanoi, Senin (16/5/2022).

Pembawa bendara merah putih pada defile kontingen SEA Games 2021 Vietnam itu finish kedua setelah membukukan waktu 13.69 detik.

Emilia Nova terpaut 0.180 detik dari pelari tuan rumah Bui Thi Nguyen yang finish pertama dan mendapatkan medali emas.

Sedangkan medali perunggu pada nomor ini didapatkan oleh wakil Filipina, Jelly Dianne Paragile Casalme, yang finish ketiga dengan catatan waktu 13.720 detik.

Medali perak Emilia diraih setelah dirinya sempat absen lantaran masalah cidera tumit dan pemulihan pasca operasi tulang belakang yang sempat bergeser dari posisi normal (spondylolisthesis).

Perak lainnya disumbangkan Agustina Manik Mardika di nomor lari 800 m.

Sementara medali perunggu diraih Atjong Rio Purwanto pada nomor Men’s 3000m Steeplechase (halang rintang).

Atjong sempat berada pada posisi paling akhir dan setelah itu sempat yang terdepan.

Sayang pada putaran terakhir, ia disusul atlet Vietnam yang menjadi juara dan atlet Maria Londa yang tampil pada nomor Women’s Long Jump, juga meraih medali perunggu.

Ia harus akui juara pertama dan kedua yang mewakili tuan rumah Vietnam.

Pertandingan terakhir yang menegangkan adalah nomor Women’s 4 x 100m Relay dan nomor Men’s 4 x 100m Relay yang diperkuat Lalu M.Zohri.

Sayangnya, tim putra maupun putri menempati peringkat keempat.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengucapkan selamat kepada para atlet yang berhasil meraih prestasi.

“Selamat kepada para Patriot Olahraga cabor atletik yang telah meraih prestasi membanggakan untuk Indonesia. Terima kasih atas kerja keras para atlet, pelatih, ofisial dan Ketum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia yang dipimpin Bapak Luhut Binsar,” kata Ketum KONI Pusat.

Namun begitu, Ketum KONI Pusat menekankan agar atletik terus meningkatkan kualitas pembinaannya.

"Atletik ini cabor yang strategis karena memiliki nomor pertandingan yang banyak. Kita harus meningkatkan kualitas pembinaan atletik mulai dari tingkat daerah,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar