Chelsie Sumbang Perak di Nomor Catur Kilat

Chelsie Monica Iglesias Sihite saat melawan pecatur Vietnam, Nguyen Pham Le Thao, di nomor catur kilat, Jumat (20/5/2022). (Foto: Istimewa)

KBRN, Hanoi: WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite tidak berhasil menambah raihan emas bagi tim catur Indonesia. Ia hanya bisa meraih perak nomor catur kilat (blitz chess) putri, setelah pada laga final tidak berhasil mengatasi pecatur tuan rumah  IM Nguyen Pham Le Thao (2271) dengan skor 0.5 - 1.5.

Dalam pertandingan yang berlangsung Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Jumat (20/5/2022) siang, pada babak pertama saat memegang buah hitam Chelsie (2224) meraih hasil remis di langkah 39. 

Kemudian pada babak kedua saat memainkan buah putih, Chelsie berapa kali melakukan kesalahan dan akhirnya  kalah pada langkah ke-38 dalam permainan yang memakai pembukaan Inggris.

Sebelumnya, pada semifinal WIM Chelsie menang atas WGM Gong Qianyun (Singapura) 1.5 - 0.5 dan menyudahi babak preliminasi, sehingga menduduki posisi teratas meraih 4.5 point dari 5 babak yang dimainkan.

Ia hanya kehilangan 0,5 poin hasil remis dengan IM Pham Le Thao Nguyen.

“Aku bersyukur bisa mempersembahkan medali perak bagi Indonesia pada catur kilat hari ini. Namun, di sisi lain aku kecewa karena sempat melakukan kesalahan di middle game, sehingga sulit untuk bisa mengatasi lawan," ungkap Chelsie Monica.

Pada catur kilat putri, Indonesia menurunkan dua pecatur. Selain WIM Chelsie, putri Indonesia mengandalkan IM Medina Aulia Warda (2199) yang sehari sebelumnya mengantarkan tim putri Indonesia meraih emas catur cepat bersama WIM Ummi Fisabilillah. Namun Medina  gagal ke semifinal karena hanya menempati urutan kelima di penyisihan.

Sementara pada catur kilat perseorangan putra, GM Susanto Megaranto (2644) gagal ke final dan harus puas meraih medali perunggu keduanya di arena SEA Games ke-31 usai kalah telak 0-2 dari pecatur tuan IM Le Tuan Minh. Sukses menundukkan Susanto ini sekaligus mengantarkan Tuan Minh akhirnya meraih emas lewat partai  all Vietnam final dengan mengalahkan pecatur terbaik negaranya  GM Le Quang Liem 1.5-0.5.

Indonesia juga menurunkan IM Sean Winshand Cuhendi tapi tidak berhasil melangkah ke putaran semifinal karena hanya menempati urutan kelima pada babak penyisihan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar