Indonesia Berpeluang Finish Tiga Besar SEA Games

Dokumentasi - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali (diwawancara wartawan/berdiri di tengah) didampingi petenis Christopher Rungkat (kiri) dan Aldila Sutjiadi (kanan) di Hanaka Paris Ocean Park, Vietnam. (Foto: Dok. Danang Sundoro/RRI)

KBRN, Hanoi: Dua hari menjelang penutupan SEA Games Vietnam 2021 (Tahun 2022), Indonesia berjuang menjaga peluang berada di posisi tiga besar klasemen akhir perolehan medali.

Hingga pukul 18.00 waktu setempat, situs resmi www.seagems2021.com merilis klasemen perolehan medali sementara yang menempatkan Indonesia pada urutan ketiga dengan 57 emas, 75 perak, dan 68 perunggu, atau telah berhasil mengoleksi total 200 medali.

"Alhamdulillah dengan keberangkatan atlet yang jumlahnya sekarang lebih sedikit atau hampir separuh dari SEA Games sebelumnya, kita sementara berada di peringkat tiga. Ini membuktikan kerja tim review berhasil dan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) kita sudah berada di track yang benar," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali di Hanaka Paris Ocean Park, Vietnam, Sabtu (21/5/2022).

Nampak jelas dalam klasemen, Indonesia kian menjauhi rivalnya yaitu Singapura dan Filipina.

Menpora menilai, pergerakan perolehan medali perlu dikawal ketat dan selalu memotivasi para atlet yang masih bertanding pada Minggu (22/5) untuk terus menambah pundi-pundi perolehan medali Indonesia.

Ia menambahkan, posisi tiga besar di klasemen bukan target, karena tujuan utama sebenarnya adalah bagaimana hasil SEA Games mampu menentukan bagaimana Indonesia dapat berbicara banyak di Olimpiade nanti.

"Memang sementara kita sekarang ada di tiga besar. Namun sebenarnya ini bukan target. Karena dari awal target kita adalah Olimpiade," tegas Menpora kepada RRI.co.id.

Peluang Indonesia menambah perolehan medali akan datang dari cabang olahraga sepak bola (perunggu), bulu tangkis (emas), dan voli indoor (emas).

Klasemen sementara perolehan medali SEA Games Vietnam 2021 (Tahun 2022). (www.seagames2021.com)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar