Fin Swimming Indonesia Rebut Dua Emas

Tim Fin Swimming Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2021. (Foto: RRI/Adi Wiyono)

KBRN, Hanoi  :  Tim renang sirip atau fin swimming sukses merebut dua medali emas, dua perak dan satu perunggu SEA Games 31  yang berlangsung di Aquatic Sports Palace, My Dinh Stadium, Hanoi Vietnam hari Sabtu (21/5) dari nomor fins yang diikuti.

Pertama adalah Petrol Apostle Gasoline Kambey yang bermain pada nomor Men’s 100m Surface. Sayangnya, ia belum berhasil meraih medali.

Nomor Women’s 100m Surface, Janis Rosalita Suprianto mendapat perak usai finis posisi kedua dengan waktu 40,82 detik sedangkan atlet Vietnam yang menjadi tercepat yakni Thu Pham Thi mencatatkan waktu 40,41 detik.

Ashifa Helsa Ashuroh yang bermain di nomor yang sama, hanya mampu finis urutan keempat.

Pada nomor Men’s 100m Bi-Fins, Harvey Hubert Marcello Hutasuhut menjadi juara sekaligus raihan medali emas dengan waktu 43,51 detik. Peringkat kedua atlet tuan rumah Huyng Nguyen Ngoc yang catatkan 43,76 detik. Peringkat ketiga mendapat perunggu  adalah atlet Indonesia lainnya  Andityo Panigoro  dengan 43,98 detik. Membuat  dua atlet Indonesia ada dalam satu podium yang sama.

Selanjutnya kelas Women 100m Bi-Fins yang diikuti Joanita Mutiara Hapsari. Sayangnya ia harus puas pada peringkat keempat.

Indonesia kurang beruntung pada nomor Men’s Surface 1500m yang diikuti Bima Dea Sakti Antonio. Perolehan medali untuk Indonesia absen pada nomor itu.

Berikutnya nomor Women’s 4 x 200m Surface, Tim Indonesia yang diperkuat Janis Rosalita Suprianto dan kawan-kawan kembali mempersembahkan emas dengan torehan waktu 6 menit 21,08 detik. Diikuti Vietnam dengan 6 menit 30,01 detik. Peringkat ketiga Thailand dengan 6 menit 52,33 detik.

Terakhir pada nomor Men’s 4 x 200m Surface, Petrol Apostle Gasoline Kambey dan tim mampu meraih peringkat kedua atau medaii perak dengan waktu 6 menit 3,3 detik. Kalah dari Vietnam yang meraih 5 menit 55,3 detik.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman yang hadir menyaksikan perjuangan pejuang olahraga Indonesia menyampaikan selamat kepada para atlet yang telah berhasil meraih prestasi serta menyampaikan terima kasih kepada atlet, pelatih, ofisial dan Ketum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB.POSSI) Mayjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto beserta jajarannya yang telah mempersiapkan atlet dengan sebaik-baiknya.

“Olahraga selam ini, termasuk Fin Swimming harus menjadi andalan Indonesia ke depan karena kita ini adalah negara kepulauan yang sangat identik dengan air,” kata Ketum KONI Pusat.

Hari ini Minggu (22/5) dari arena fins swimming SEA Games 31, Indonesia masih berpeluang raihan medali emas dari 6 nomor final yang diikuti.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar