Marc Marquez Menjalani Operasi Keempat

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: Honda Racing Corporation (HRC) resmi mengumumkan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, akan menjalani operasi keempat pada lengan atas (humerus) kanannya usai mengalami kecelakaan dalam sesi kualifikasi MotoGP Italia 2022.

Peristiwa itu terjadi di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/5/2022) malam WIB.

Marc Marquez bersama manajer Repsol Honda, Alberto Puig, mengadakan sesi jumpa media selepas kualifikasi MotoGP Italia 2022. Acara ini mengumumkan Marquez harus menjalani operasi untuk keempat kalinya.

"18 bulan Marc menjalani operasi, dan sejak saat itu merupakan proses panjang dan rehabilitasi. Namun, posisinya di motor bukan yang dia inginkan dan tak sesuai ekspektasi," kata Puig dalam jumpa pers Repsol Honda dikutip dari laman resmi MootoGP, (28/5/2022).

"Setelah menganalisis dan berkonsultasi dengan tim medis dan para dokter, operasi bisa dilakukan kembali. Akhirnya kami memutuskan Marc akan operasi dan beristirahat setelah GP ini, serta naik meja bedah di Amerika," ujarnya.

Marquez mengungkapkan operasi kali ini berkaitan dengan cedera patah tangan kanan yang dialaminya pada 2020. Dia mengaku amat tersiksa selepas comeback lantaran tak bisa mengendarai motor sesuai keinginannya.

"Saya akan operasi minggu depan. Benar bahwa sejak cedera tangan kanan saya ini sangat kompleks dan infeksinya sangat menyiksa," kata Marquez.

"Benar saya merasa keterbatasan saat mengendarai motor usai comeback, tapi saya tak menyerah, tetap bertahan, dan terus bekerja. Doktor bilang saya berubah, tapi kenyataannya tak ada perubahan dalam diri saya," dia menambahkan.

"Saya tidak menikmati musim ini. Banyak sekali penderitaan dan kesakitan, saya tak punya kekuatan. Saya tak bisa balapan sesuai keinginan saya. Saya melukai tangan kiri saya karena saya memaksakan beban di sebelah kiri,".

"Performa saya tidak buruk, tapi ini bukan sesuatu yang saya inginkan," ujarnya.

Marquez akan terbang ke Amerika Serikat (AS) pada Selasa (31/5/2022) pekan depan, untuk menjalani operasinya keempatnya di bawah arahan Dokter Joaquin Sanchez Sotelo.

Setelah itu, Marquez bakal kembali ke Spanyol guna memulai proses pemulihan, sembari dokter akan menilai perkembangan kondisi kesehatannya. Ini juga demi mengetahui berapa lama waktu bagi dia untuk pulih.

Marquez diketahui mengalami patah tulang humerus akibat kecelakaan hebat dalam balapan MotoGP Jerez, Spanyol, pada pertengahan 2020.

Operasi pertama digelar dua hari setelah insiden, di mana dokter menanamkan plat titanium dan belasan sekrup pada lengannya. Sayang, tiga pekan kemudian kesialan lain mendera.

Plat titanium Marquez patah saat ia hendak membuka pintu di rumahnya yang ada di Cervera, sehingga ia harus menjalani operasi kedua pada hari yang sama.

Akibat insiden domestik ini, Marquez harus absen dari sisa musim 2020 dan menjalani operasi ketiga pada akhir tahun akibat infeksi pada area yang sama.

Marquez kemudian kembali balapan di MotoGP Portimao, Portugal, pada 2021. Ia meraih empat podium, termasuk tiga kemenangan, sebelum absen lagi dari dua seri terakhir akibat cedera diplopia alias penglihatan ganda pada mata kanannya, yakni cedera yang sempat ia alami usai kecelakaan hebat di Moto2 Sepang, Malaysia, 2021.

Diplopia ini kambuh usai Marquez terjatuh dalam latihan enduro di Lleida pada akhir Oktober.

Namun, Marquez kembali mengalami diplopia ini usai mengalami kecelakaan hebat dalam sesi pemanasan MotoGP Mandalika, Indonesia, pada Maret 2022, sehingga ia harus absen dari Seri Mandalika dan Argentina.

Meski begitu, di Mugello, Marquez santer dikabarkan harus menjalani operasi keempat pada lengan kanannya yang ternyata belum pulih 100 persen.

HRC dan Marquez akhirnya mengonfirmasi kabar tersebut secara resmi dalam jumpa pers dadakan usai sesi kualifikasi lantaran Marquez sempat mengalami kecelakaan di Tikungan 2.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar