Resmi, MotoGP Pensiunkan Nomor 46 Milik Rossi

Pembalap legendaris MotoGP, Valentino Rossi. No 46 adalah identik dengan namanya sehingga MotoGP memilih mempensiunkan nomor tersebut. (Foto: motogp.com)

KBRN, Jakarta: MotoGP resmi pensiunkan nomor 46 milik Valentino Rossi dalam acara di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/5/2022). Acara tersebut berlangsung tepat satu hari sebelum digelarnya MotoGP Italia 2022.

Melansir dari laman resmi MotoGP, Sabtu (28/5/2022), Rossi datang dalam acara tersebut dan diberikan plakat nomor 46 yang sangat ikonik pada dirinya.

The Doctor resmi pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2021 setelah pertama kali berlaga di kejuaraan dunia grand prix pada tahun 1996. Selama 26 musim dia berlaga, nomor 46 selalu menemaninya.

Termasuk dalam memenangkan sembilan gelar dunia di kelas 125cc, 250cc dan MotoGP (tujuh di antaranya di kelas utama). Serta 115 grand prix yang 89 di antaranya didapat dari kelas utama.

Sebenarnya, Rossi sempat berkata tidak mau nomor balapnya ini dipensiunkan. Dia lebih ingin ada pembalap lain yang memakainya di kemudian hari.

Namun dari pihak MotoGP menganggap nomor itu dengan nama Rossi sudah sangat identik. Jadi, siapapun pembalap yang menggunakannya nanti tentu tak bisa mengalahkan kebesaran namanya itu.

Akhirnya acara peresmian itu digelar di sela-sela sesi latihan bebas ketiga (FP3) dan FP4 MotoGP Italia 2022 yang berlangsung sebentar lagi. Di acara ini, Valentino Rossi turut hadir di depan jutaan pendukung yang mengenakan atribut serba kuning.

Dengan ini, Rossi menjadi pembalap kesembilan sepanjang masa yang nomornya dipensiunkan.

Terhitung ada delapan nomor balap yang sudah dipensiunkan, yakni 34 (Kevin Schwantz), 74 (Daijiro Kato), 48 (Shoya Tomizawa), 65 (Loris Capirossi), 58 (Marco Simoncelli), 69 (Nicky Hayden), 39 (Luis Salom), dan #0 (Jason Dupasquier).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar